Ancaman Bagi Yang Meninggalkan Sholat Jum’at 3 Kali Berturut-turut

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

Masshar2000.Com – Sebagai umat muslim , kita harus tahu bahwa sholat jum’at adalah wajib bagi laki-laki yang tidak berhalangan (udzur).

Halangan ini tentu bukan halangan yang terus menerus misalnya karena alasan pekerjaan yang tidak bisa ditinggalkan .
Jika anda memang bekerja ditempat yang tidak memungkinkan untuk bisa sholat jum’at selamanya , maka saran saya anda harus resign dan mencari pekerjaan yang lain .
Banyak kasus , misalnya bekerja di kapal yang jelas tidak bisa menjalankan sholat jum’at atau di tempat manapun apalagi kalau tempat kerja anda tidak memperbolehkan anda meninggalkan kerja untuk sholat jum’at .
Sekali lagi saran saya , anda harus memikirkan tempat kerja lain . Masih banyak tempat kerja lain yang bisa dan mau menerima anda bekerja .

Kenapa saya berpendapat demikian , karena jelas tujuan kita kerja selain mencari uang tapi juga mencari keberkahan dari apa yang kita dapat . Jangan hanya berpikir berapa banyak uang yang bisa kita kumpulkan , tapi berpikirlah juga berkahnya . Apalagi jika anda masih berpedoman kerja adalah ibadah , tapi anda sendiri mengabaikan ibadah wajib itu sendiri .

Terdapat beberapa riwayat yang menyebutkan ancaman bagi orang yang meninggalkan jumatan sebanyak 3 kali tanpa udzur (halangan) yang dibenarkan ,

1. Dari Ibnu Umar dan Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhum, bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Hendaknya orang yang suka meninggalkan jumatan itu menghentikan kebiasaan buruknya, atau Allah akan mengunci mati hatinya, kemudian dia menjadi orang ghafilin (orang lalai).” (HR. Muslim 865)

2. Hadis dari Abul Ja’d ad-Dhamri radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, ”Siapa yang meninggalkan 3 kali jumatan karena meremehkan, maka Allah akan mengunci hatinya.” (HR. Ahmad 15498, Nasai 1369, Abu Daud 1052, dan dinilai hasan Syuaib al-Arnauth)

3. Hadis dari Jabir bin Abdillah radhiyallahu ‘anhuma, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda, “Siapa yang meninggalkan jumatan 3 kali, bukan karena darurat, Allah akan mengunci hatinya.” (HR. Ibnu Majah 1126 dan dishahihkan al-Albani)

4. Dari Usamah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
” Siapa yang mendengar adzan jumatan 3 kali, kemudian dia tidak menghadirinya maka dicatat sebagai orang munafik. (HR. Thabrani dalam Mu’jam al-Kabir, dan dihasankan al-Albani dalam Shahih Targhib, no. 728).

5. Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
“Siapa yang meninggalkan jumatan 3 kali berturut-turut tanpa udzur, Allah akan mengunci mati hatinya.” (HR. At-Thayalisi dalam Musnadnya 2548 dan dishahihkan al-Albani dalam shahih Jami’ as-Shaghir).

yang dimaksud ‘Allah kunci hatinya’ adalah Allah menutup hatinya dan menghalangi masuknya hidayah dan rahmat ke dalam hatinya. Kemudian digantikan dengan kebodohan, sifat beringas, dan keras kepala.
Dan keras kepala ini paling umum menimpa orang pada umumnya .

Hatinya seperti hati orang munafik. Demikian keterangan al-Munawi dalam Faidhul Qodir (6/133). Ketika hati seseorang sudah dikunci mati, dia menjadi kebal hidayah.
Seberapapun peringatan yang dia dengar, tidak akan memberikan manfaat dan tidak akan menggerakkan hatinya. Seolah dia terhalang untuk bertaubat.

image

فلا تجب الجمعة على كافر اصلي و صبي و مجنون ورقيق و أنثى ومريض ونحوه. ( قوله مريض و نحوه) من كل معذور بمرخص في ترك الجماعة مما يتصور هنا بخلاف ما لا يتصور هنا وهو الريح الباردة ليلا و أما ما يتصور هنا فكا الحر- إلى أن قال – و الخوف على معصوم من مال أو عرض او بدن ولو لغيره.

Tidak wajib melaksanakan shalat Jumat bagi orang kafir asli, anak kecil, orang gila, budak, perempuan, orang sakit, dan lainnya. Kemudian dalam syarhnya (sakit dan sebagainya), dari setiap bentuk perkara udzur yang mendapat rukshah (keringanan) dalam meninggalkan shalat jamaah dari perkara yang digambarkan/dijelaskan di bab ini (bab jamaah), berbeda dengan perkara yang tidak dijelaskan/digambarkan di sini, yaitu angin dingin di malam hari. Adapun perkara yang telah digambarkan di sini contohnya hawa panas, dingin, lapar, haus, dan khawatir/takut akan keselamatan harta, harga diri, dan badan. Meskipun semuanya adalah milik orang lain.

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum…

Library : @berbagisemangat

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s