Ratna Sarumpaet Resmi Ditahan Untuk 20 Hari Kedepan

image

Masshar2000.Com – Ratna Sarumpaet akhirnya ditangkap Polda Metro Jaya, di Bandara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Kamis (4/10/2018) malam. Statusnya pun langsung menjadi tersangka .

Ratna kini ditahan selama 20 hari kedepan di Polda Metro Jaya guna pemeriksaan dan supaya tidak menghilangkan barang bukti .
Ponsel pribadi tentu saja akan diperiksa apakah ada kejahatan elektronik yang dilakukannya , karena sebelum dipecat atau mengundurkan diri , Ratna adalah anggota pemenangan Prabowo-Sandi .

Sebelumnya , pencipta ‘drama setan’ itu ditangkap terkait kasus berita hoax penganiayaan atas dirinya sendiri.
Usai diamankan dan diturunkan paksa dari pesawat turkish Airlines, Ratna langsung digiring ke Mapolda Metro Jaya saat itu juga.

Saat itu, ibunda selebritis Atiqah Hasiholan itu hendak terbang ke Santiago, Chile.
Disana, ia mengaku mendapat undangan untuk menghadiri koferensi penulis naskah teater perempuan sedunia atau Women Playwrights International Conference.

Dalam pengakuannya, Ratna menyebut kehadirannya itu dibiayai oleh Pemprov DKI Jakarta.

Dari dokumen itu, terlihat Ratna mengajukan surat ke Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan pada 31 Januari lalu .
Ratna meminta permohonan sponsor dari Pemprov DKI Jakarta untuk keberangkatannya dan di acc pada bulan februarinya .

Berikut isi surat yang ditulis Ratna kepada Anies:

Dengan Hormat,

Semoga dalam menjalankan tugas Bapak sebagai pimpinan pemerintah di DKI Jakarta, Bapak selalu dalam keadaan sehat, baik pikiran, maupun jasmani.

Bersama surat ini saya melampirkan sebuah surat undangan (untuk saya) dari “he 11th Women Playwrigths Conference 2018” di Santiago, Chili.

Women Playwrigths Conference adalah kongres tiga tahunan yang digelar secara bergantian di berbagai Negara.

Saya salah satu anggota senior di kongres ini. Pada tahun 1997, ketika saya dipenjara rezim Orba, para anggota Conference inilah yang secara Internasional menggerakan tekanan pada Presiden Suharto untuk membebaskan saya.

Bapak Anies yang saya hormati. Ketika saya memimpin Dewan Kesenian Jakarta, menyadari langkanya “perempuan penulis drama” di Indonesia, saya memperjuangkan kongres ini di Indonesia dan berhasil.

Bekerjasama dengan Pemprov DKI Jakarta pada tahun 2007 “The 7th Women Playwrigths Conference” berhasil dilangsungkan di Indonesia (Jakarta & Bali).

Itu mungkin yang mendorong saya memberanikan meminta kesediaan Bapak mempertimbangkan kemungkinan Pemprov DKI Jakarta memfasilitasi kehadiran saya di Chili, Oktober nanti.

Demikianlah surat ini saya buat.

Atas perhatiannya terimakasih banyak.

Bersama surat tersebut Ratna menyertakan lampiran undangan dari The 11th Women Playwrigths Conference 2018.
Acara berlangsung dari tanggal 7-12 Oktober mendatang.

Sementara itu, masih dari dokumen tersebut terdapat disposisi dari Anies Baswedan yang ditandatangani pada tanggal 19 Februari.
Dalam disposisi tersebut Anies menulis ‘Fasilitasi dan dukung’ dan ditujukan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta.

Berikut bukti foto dokumen proposal Ratna Sarumpaet dimaksud,

image

image

Pemprov DKI lewat dinas pariwisata pun menyetujui dan menganggarkan 70 juta rupiah untuk tiket transortasi , akomodasi dan uang saku selama 7 hari .
Dan dari konfirmasi pihak pemprov , karena pihak Ratna dicekal dan tidak jadi berangkat , maka sejumlah uang yang sudah diserahkan ke ratna harus dikembalikan ke pihak pemprov .

Library : jawapost

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s