Amien Rais Akan Dijemput Paksa Jika Mangkir Lagi Dalam Kasus Ratna Sarumpaet

image

Masshar2000.Com – Kasus hoax Ratna Sarumpaet bak bola panas bagi kubu Prabowo .
Sejumlah pihak sudah melaporkan Prabowo cs ke KPU dan ke Polda Metro Jaya .
Walaupun untuk pelaporan yang ke KPU  tidak bisa diproses , namun untuk laporan ke polisi tetap diproses dan jalan terus .

Ratna yang bertindak sebagai pelaku hoax kini sudah ditahan untuk 20 hari kedepan guna pemeriksaan . Sedangkan kubu Prabowo satu persatu akan dipanggil dan dimintai keterangan sebagai saksi .
Sandiaga Uno sebagai cawapres yang juga akan dipanggil sudah menyatakan diri siap hadir jika dimintai keterangan .

Berbeda dengan Sandi , politikus senior Amien Rais justru mangkir pada panggilan pertama tanpa pemberitahuan .
Atas sikap yang tidak kooperatif dari Amien Rais , Polda Metro Jaya membuka peluang menjemput paksa Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais.
Penjemputan paksa dilakukan jika Amien Rais tak bersikap kooperatif memenuhi panggilan penyidik sebagai saksi untuk tersangka Ratna Sarumpaet.

Dipanggil kedua tidak ada pemberitahuan, maka ketiga dijemput dengan surat,” kata Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Drs. Setyo Wasisto‎. SH. di Gedung PTIK, Jakarta, Jumat, (5/10).

Jenderal bintang dua ini menjelaskan jika pemanggilan Amien Rais merupakan bagian dari rangkaian penyidikan kasus penyebaran berita hoaks Ratna. Untuk itu, Amien Rais diminta menghormati proses hukum yang berjalan.

Informasi (tak hadir memenuhi panggilan) juga harus dengan surat keterangan,” kata dia.

Irjen Pol Setyo masih menutup rapat informasi soal daftar nama saksi yang bakal dipanggil penyidik dalam kasus ini. Korps Bhayangkara, kata dia, menyerahkan sepenuhnya kepada penyidik.

Teknis, substansi penyidikan. Teknis nanti itu ada di penyidikan. Itu nanti tanyakan ke penyidik untuk memanggilnya siapa saja,” pungkas dia.

Amien Rais sedianya diperiksa pukul 10.00 WIB di Polda Metro Jaya. Dia akan dimintai keterangan terkait kasus penyebaran informasi hoaks yang menjerat Ratna Sarumpaet. Namun, Amien Rais mangkir tanpa memberi keterangan.

Polda Metro Jaya menetapkan Ratna Sarumpaet sebagai tersangka penyebaran informasi hoaks. Penyidik juga memutuskan menahan aktivis itu usai diperiksa sebagai tersangka.

Ratna dijerat Pasal 14 UU 1 Tahun 1946 tentang Peraturan Hukum Pidana dan Pasal 28 juncto Pasal 45 UU Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE).

image
Netizen sebenarnya juga gak tega , melihat nenek yang sudah 70 tahun harus berurusan dengan negara , tapi apa boleh buat , hukum memang tidak memandang usia , siapa yang berbuat maka harus mempertanggungjawabkannya . Semoga setelah kasus ini selesai nenek Ratna bertobat dan menjadi nenek pada umumnya , menikmati masa tua , momong cucu dan lebih bisa menikmati hidup

Selama ini Amien Rais seperti kebal hukum atas sejumlah pernyataan dan hate speech yang ditujukan kepada Presiden Jokowi .
Tapi kini , dia tidak bisa setenang dulu lagi karena kasusnya menjadi kasus hoax nasional dan banyak pihak yang melaporkan , apalagi instansi kepolisian juga terkena dampaknya dalam kasus ini .

Ya syukur-syukur hanya dipanggil sebagai saksi , kalau nanti Ratna mengaku jika hoax itu direncanakan , maka bisa jadi Amien akan menjadi tersangka seperti Ratna Sarumpaet dan dibui .

Library : indonesiasatu.co.id

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s