Spanduk Larangan Larung Sesaji , Kagetkan Warga Cilacap

image

Masshar2000.Com – Banyaknya bencana yang terjadi akhir-akhir ini , turut menjadi perhatian masyarakat luas , apalagi di beberapa akun mulai menyebutkan dan mulai menggiring opini publik dan disangkut pautkan dengan kisah-kisah jaman nabi .

Ada yang menyebutkan , karena maraknya LGBT maka Allah mengazab mereka seperti jaman nabi Luth , ada juga yang mengaitkan dengan kesyirikan sehingga di azab seperti jaman nabi Nuh , ada pula yang yang mengaitkan dengan kisah khalifah Umar bin Khatab yang waktu itu di Mekah di guncang gempa karena rakyatnya munafik dan banyak yang berbuat maksiat .
Apakah benar seperti itu … Wallahu alam , karena yang jelas wilayah Indonesia memang tergolong wilayah yang rawan gempa .

Dari data 40 tahun terakhir saja , sudah terjadi ribuan gempa besar dan kecil yang terjadi di wilayah Indonesia .
Saya cuma berdoa , semoga ini bukan azab , tapi ujian bagi umatnya yang beriman , karena jika Allah berniat mau mengazab , maka jangankan satu kota , satu negara pun bisa ditenggelamkan dalam satu waktu .

Belakangan beredar spanduk yang isinya himbauan agar masyarakat tidak lagi melakukan ritual yang berbau syirik seperti ritual larung di laut .
Seperti yang terjadi di Cilacap , Jawa Tengah ini , nelayan di pesisir selatan Cilacap, Jawa Tengah sedang menyiapkan prosesi sedekah laut yang akan digelar hari ini 12 Oktober 2018.

Tradisi ini sudah dilestarikan secara turun temurun yang diselenggarakan tiap tahun. Larung sesaji menjadi salah satu bagian inti dari rangkaian kegiatan ini. Sebelum dilarung, sesaji ini akan dikirab dari Pendopo Kabupaten Cilacap menuju Pantai Teluk Penyu.

Tetapi kegiatan budaya ini rupanya ditentang sekelompok masyarakat yang tak sependapat dengan penyelenggaraan sedekah laut.
Menjelang kegiatan dilaksanakan, masyarakat pesisir dikagetkan dengan pesan pada banner-banner yang terpasang di sisi jalan, baik di pusat kota hingga jalan pesisir yang menjadi rute kirab budaya.

Spanduk itu berisi pesan peringatan akan datangnya bencana atau azab jika tradisi itu dilaksanakan.
Di antara pesan spanduk itu antara lain,

“Jangan Larung Sesaji karena Bisa Tsunami”

image

“Jangan Larung Sesaji karena Bisa Tsunami”

“Sedekah karena Selain Allah Mengundang Azab Looh”

“Buatlah Program Wisata yang Allah tidak Murka”
Rika sing Gawe Dosa Aku Melu Cilaka”

image

Dan masih ada lagi seperti ,

“Sedekah karena Selain Allah Mengundang Azab Looh”

“Buatlah Program Wisata yang Allah tidak Murka”

Pesan spanduk itu meminta agar tradisi sedekah laut yang sudah ada sejak zaman dulu ini dihentikan karena dianggap mendekati kesyirikan,” kata Taufiq Hidayatulloh, anggota Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) sekaligus Ketua DPC PKB Cilacap, Kamis (11/10)

image
Harusnya yang seperti ini juga dilarang

Bagaimana menurut pemirsa ?

Library : tribunnews

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s