LSI : Habib Rizieq Mulai Kehilangan Pengaruhnya

image

Masshar2000.Com – Nama Rizieq Shihab atau Habib Rizieq memang tidak perlu dipertanyakan lagi soal menarik pengikut fanatik , apalagi demo-demo yang dimotorinya selalu dipadati ribuan bahkan lebih dari sejuta simpatisan hadir saat demo 212 di monas .

Itu dulu , semasa dia masih ada di Indonesia , setelah kepergiannya , aksi demo serupa juga tetap di gelar , namun jumlah yang hadir berkurang drastis dan hanya dihadiri ribuan orang saja .

Apakah Rizieq mulai kehilangan pengikut setianya ?

Menurut survey yang digelar Lingkaran Survey Indonesia atau LSI seperti dikutip dari suara.com , Rizieq Shihab, pentolan FPI yang kini di Arab Saudi, berada di peringkat akhir sebagai ulama yang paling didengar imbauannya oleh masyarakat.
Hal tersebut terjadi setelah Habib Rizieq lama tinggal di Mekah, Arab Saudi. Ia berada di sana sejak ditetapkan sebagai tersangka kasus pornografi oleh Polda Metro Jaya. Kini , beberapa kasusnya telah di SP3 atau dihentikan.

Menurut LSI ,  Rizieq Shihab ternyata bukan hanya makin tidak disukai oleh publik. Melainkan ia juga mulai ditinggalkan oleh para pengikutnya.
Kenyataan itu terbukti dalam hasil survei terbaru yang dilakukan oleh Lingkaran Survei Indonesia (LSI). Demikian dipaparkan Peneliti LSI Denny JA, Ikrama Masloman di Kawasan Rawamangun, Jakarta, Rabu (14/11/2018).

Hal itu berbanding terbalik dengan survei serupa yang dilakukan pada Desember 2016 lalu. Dimana saat itu, Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu disukai oleh 67,3 persen responden. Tapi kini, Rizieq yang saat ini berdomisili di Mekkah, Arab Saudi itu makin tidak disukai publik.

Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA merilis hasil survei tersebut. Dari 1200 responden, hanya 17 persen yang masih mengikuti imbauan Habib Rizieq.
Meskipun responden yang pernah mendengar namanya mencapai 53,4 persen dan yang menyukai sosok Habib Rizieq sebesar 52,9 persen, Habib Rizieq tetap rendah daripada ulama lainnya.

image

“Sejak ke Arab Saudi dalam waktu yang lama dan dicitrakan berkasus hukum, pengaruh Habib Rizieq Shihab berkurang signifikan,” kata peneliti LSI Denny JA Ikrama Masloman di kantor LSI, Rawamangun, Jawa Timur, Rabu (14/11/2018).

Sedangkan yang menduduki peringkat pertama ialah Ustaz Abdul Somad. Dari 1200 responden, sebanyak 82,5 persen menyukai sosok Ustaz Abdul Somad. Selain itu, sebanyak 30,2 persen responden mengikuti imbauannya.

Bagaimana menurutmu ?

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s