Hanya Partai Demokrat Yang Tidak Hadir di Reuni 212

image

Masshar2000.Com  – Minggu (2/12/2018) kawasan Monas dipadati lautan manusia dari seluruh penjuru kota .
Ratusan ribu bahkan mungkin jutaan orang berbondong-bondong mengenang aksi damai 212 dua tahun lalu .

Aksi yang dulu bertujuan menuntut Ahok atas dugaan penistaan agama kini diperingati tiap tahun atau sebagai agenda tahunan menurut panitia penyelenggara .
Namun uniknya , aksi ini sepertinya bergeser menjadi gerakan politik dan dimanfaatkan oleh petinggi-petinggi partai tentunya .

Dari pantauan dan video yang tersebar luas , tampak sejumlah petinggi parpol pendukung pasangan Prabowo-Sandi ikut hadir dan duduk bersama panitia penyelenggara .
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan hadir bersama Sekjen Eddy Soeparno. Mereka tiba sejak Minggu dini hari.

Saat pagi masih gelap pula, tiba Wakil Ketua Dewan Syuro Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Hidayat Nur Wahid. Dia datang ditemani sekjen PKS Mustafa Kamal. Mereka langsung memasuki tenda VIP yang berada di belakang panggung utama.
Ketua Dewan Kehormatan PAN Amien Rais juga nampak hadir. Dia sudah berada di area VIP sejak pukul 04.00 WIB.

Saat matahari mulai naik dan terik terasa di kulit, calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto tiba di lokasi Reuni 212. Dia memenuhi undangan sebagai tamu kehormatan dalam acara.

Prabowo langsung berjalan menuju tenda VIP dengan pengawalan. Massa menyambut dengan teriakan-teriakan. Mereka juga mengulurkan tangan kepada Prabowo agar dijabat. Namun, Prabowo terus berjalan dituntun pengawalnya. “Prabowo! Allahuakbar!” Pekik massa bersahut-sahutan kepada Prabowo.

Prabowo tiba didampingi Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon dan politikus Gerindra Ahmad Dhani. Wakil ketua DPR Fahri Hamzah juga nampak hadir. Mereka, seperti Prabowo, langsung berjalan ke tenda VIP di belakang panggung utama.

Dikutip dari CNN Indonesia, sejak Minggu dini hari, belum ada pengurus DPP Partai Demokrat yang datang dan menuju tenda VIP. Demokrat termasuk parpol pengusung Prabowo-Sandiaga dalam Pilpres 2019.

Sebeumnya, Wasekjen Partai Demokrat Andi Arief menyatakan pihaknya tidak melarang kader untuk menghadiri Reuni 212.

image
Kader Demokrat yang hadir , bukan petinggi partai

Saya ditanya wartawan apakah Partai Demokrat mendukung Reuni 212 di Monas. Saya menjawab bahwa Partai Demokrat tidak melarang untuk hadir,” tutur Andi melalui akun twitternya, Sabtu (1/12). Nampak pula Buni Yani, Mantan Menteri Pemuda dan Olahraga Adhyaksa Dault.

Tentu sikap Demokrat ini menjadi tanda tanya , apakah benar Demokrat sudah tidak serius mendukung Prabowo seperti yang ramai diberitakan akhir-akhir ini .
Ataukah memang Demokrat berdiri dua kaki , jadi nanti siapapun nanti yang jadi presiden , Demokrat tetap bisa eksis .

Mungkin ada yang berkata , ini kan bukan acara partai . Ya jelas bukan acara partai karena memang tidak ada bendera partai berkibar disana .
Tapi kenapa yang diundang hanya petinggi partai pendukung Prabowo , padahal partai islam pendukung Jokowi pun ada , PKB , PPP dan PBB yang juga diduga kuat akan menjadi pendukung Jokowi .
Apakah mereka memang diundang dan tidak datang .

Kenapa juga Prabowo yang diundang sebagai tamu kehormatan padahal dia bukan alumni 212 , kenapa bukan Jokowi yang presiden dan jelas-jelas juga alumni 212 termasuk kyai Maaruf .
Seandainya mereka memang bukan gerakan politik atau disusupi politik tentunya mereka akan mengundang kedua kubu yang akan bertarung di pilpres nanti , perkara datang atau tidak kan urusan belakangan .

image

image

image

Apalagi dalam video Habib Rizieq dari Mekah jelas menyebutkan haram memilih partai pendukung penista agama dan diarahkan untuk memilih partai koalisi keumatan .
Lebih-lebih lagi ada orator yang mengatakan 2019 ganti presiden .

Apakah masih menyangkal bahwa gerakan ini memang ditunggangi gerakan politik atau memang gerakan politik murni yang memakai label keagamaan ?

Bagaimana menurut anda ?

Iklan

One thought on “Hanya Partai Demokrat Yang Tidak Hadir di Reuni 212”

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s