Kenapa Malam Jum’at Kliwon Harus Angker

image

Masshar2000.Com  –  Kenapa sih malam jum’at harus identik dengan angker ?

Sebenarnya, pihak yang paling bertanggung jawab atas kesan mistis malam jumat kliwon, adalah media. Media lah yang selama berpuluh-puluh tahun menampilkan jumat kliwon sebagai hari yang sakral dan menakutkan . Terlebih dibuat kan film yang mengekplore malam jumat dalan genre horor , maka lengkap sudah klaim malam jumat adalah malam paling mistis dan angker .

Ketika kebudayaan barat mulai masuk, mau tidak mau beberapa aspek pun ikut diadopsi. Bila di barat sana orang mengenal jumat tanggal 13 (Friday 13th) sebagai tanggal angker, maka di tanah air kita kemudian diperkenalkan dengan konsep mistis jumat kliwon.

Hal ini tentu tidak terjadi seketika. Juga tidak lantas terjadi begitu saja. Kenapa harus jumat kliwon? Kenapa bukan jumat legi atau jumat pahing saja?

Salah satu tradisi spiritual Jawa yang sampai sekarang masih banyak diikuti adalah puasa neptu 40 (puasa 40 hari/ puasa tiga hari berneptu 40). Puncaknya lazim jatuh pada hari jumat kliwon. Sehingga malam jumat kliwon kerap menjadi rujukan, dalam hal-hal yang terkait pencapaian mental dan spiritual.
Lebih dari itu, dalam kepercayaan Jawa pasaran kliwon adalah letaknya diri sejati. Hal ini didasarkan pada konsep sedulur papat lima pancer. Empat saudara, kelimanya pusat.

image
Film ini menambah kesakralan malam jumat kliwon

Konsep ini mengandung pengertian bahwa tiap-tiap manusia tidak hanya terlahir berupa raga/ wadag/ jasad saja. Tetapi juga didampingi oleh empat unsur atau roh yang berasal dari tanah, air, api dan udara.

Tapi bagaimanapun juga , mungkin karena diotak kita sudah terpatri memory bahwa malam jumat kliwon itu angker , makanya setiap malam jumat kliwon dikampung-kampung biasanya sepi tidak seperti malam-malam lainnya .

Ya mungkin saja , bagi makluk halus lebih memilih malam jumat kliwon untuk kumpul-kumpul , sementara kita memilih malam minggu …
Bisa jadi malam minggu malah jadi malam yang angker dan menakutkan bagi mereka .

Library : kompasiana , @spoters

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s