Kenapa Mobil Suka Mati Saat Melintas Rel Kereta Api , Ini Penjelasan PT KAI

image

Masshar2000.Com  –  Hati-hatilah bila menerobos palang pintu kereta Api.
Walaupun tindakan ini jelas dilarang , namun tidak sedikit yang menyepelekan dan beberapa diantaranya mati konyol alis tewas tertabrak kereta api .

Terlebih jika sedang membawa mobil , jika anda sudah mendengar sirine dan palang belum menutup , tetaplah berhenti , jangan menerobos palang karena akan berakibat fatal , karena jika mesin mobil anda tiba-tiba mati , anda pasti panik dan berupaya menghidupkan lagi mobil , padahal disana kereta sudah makin mendekat dan anda juga harus berlomba dengan waktu untuk segera keluar dari mobil dan menyelamatkan diri .
Tapi bagaimana jika didalam mobil banyak orang , tentu kita tidak bisa membayangkan apa yang akan terjadi , dan kejadian seperti ini tidak sekali dua kali saja terjadi .
Jadi STOP .,Jangan pernah menerobos palang pintu kereta api apapun alasannya .

Nah , masalah mesin yang tiba-tiba mati saat melintas rel kereta api , berikut penjelasan PT KAI, Mengapa Mesin Mobil Sering Mati Di Atas Rel.

Di lokomotif ada boggie (roda kereta) dimana komponen utamanya adalah dinamo, di dlm dinamo ada unsur magnit yg cukup besar, jika lokomotif seri CC berarti ada 3 rangkaian boggie (6 buah dinamo besar).
Hal ini berdampak pada rel yg terbuat dari baja dapat menghantarkan medan magnet sejauh 1KM dr lokomotif.

Saat kendaraan bermotor melintasi rel KA biasanya menggunakan kecepatan rendah, apabila pengendara tdk memindahkan gigi mesin yg lebih rendah maka putaran mesin dinamo kendaraan bermotor dan koil yg ada dapat seketika mati akibat faktor medan magnit boggie KA yg di hantarkan oleh rel KA.

Oleh karena itu petugas JPL selalu menutup pintu perlintasan sebelum KA mendekati perlintasan (berjarak -+ 3 Km).
Bila ada pengemudi tetap menerobos/melintasi rel KA yg berjarak kurang dr 1 Km akan mengakibatkan mesin dinamo dan koil mobil yg sdh lemah dpt mati.

Bila hal ini terjadi segera keluar dr mobil anda, krn mesin mobil akan susah utk di stater kembali.
Maka di sarankan jgn melintasi rel KA bila sdh terlihat KA walaupun masih berjarak 1 Km dr perlintasan sebidang demi keselamatan anda. Ingat KA tdk bisa mengerem mendadak krn roda dan rel terbuat dr baja shg tdk ada friksi, rata rata KA akan berhenti sejauh 800 meter setelah di rem.

Lebih Baik Kehilangan Waktu 1 Menit ,  Daripada Kehilangan Nyawa Dalam 1 Menit.

Library : @faktaindo

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s