Debat Capres Pertama , Jokowi Kuasai Podium , Sandi Paling Rilex…80-60 Untuk Jokowi-Maaruf

image

Masshar2000.Com – Debat pertama capres-cawapres perdana telah usai , dari keseluruhan acara , Jokowi yang merupakan calon petahana tampak menguasai acara debat pertama ini .

Bagaimanapun juga yang namanya sudah menjabat akan lebih mudah menjabarkan berbagai masalah . Seperti halnya kita jika sudah pernah bekerja pasti akan lebih mudah menjawab pertanyaan ataupun menjabarkan apa saja yang sudah dikerjakan dibanding yang belum pernah bekerja walaupun mungkin dia lebih cekatan misalnya . Pengalaman memang tidak bohong .

Seperti misalnya saat prabowo menanyakan soal kepedulian pemerintah pada kaum disabilitas , Jokowi dengan gampang menjawab kita sudah melakukannya , sebagai contoh pemberian bonus pada atlet para game sama dengan apa yang diberikan pada atlet seagames yang berprestasi .

Dan itu berbanding terbalik dengan jawaban Prabowo saat Jokowi menanyakan soal anti korupsi , kenapa banyak caleg Gerindra yang bekas koruptor , padahal pengajuan caleg itu ditanda tangani ketua umum dan sekjen dan Jokowi menyebutnya sebagai inkonsisten Prabowo .
Disitu Prabowo agak keteteran menjawab , ini demokrasi , kita umumkan kalau kita ajukan dan masih diterima masyarakat itu tidak mengapa  , lantas Prabowo mengumpamakan caleg yang bekas koruptor kalau sudah di hukum dan Undang-Undang memperbolehkan maka tidak mengapa , tentu saja jawaban ini mengecewakan .

Juga pada berbagai persoalan soal emansipasi wanita , Jokowi sudah mengangkat 9 orang menteri perempuan sementara dari partai Gerindra , jabatan strategis hampir semua di isi laki-laki , disini Prabowo menyebut wakil ketua umum kita di isi perempuan dan berbagai petinggi organisasi sayap partai di isi perempuan .
Coba bandingkan dengan partai-partai yang ada di Indonesia , hampir semua menempatkan beberapa perempuan di jabatan-jabatan strategis partai .

Dan di debat perdana ini yang paling membedakan antara Jokowi dan Prabowo adalah soal gaji gubenur dan pejabat .
Prabowo ingin gaji pejabat seperti gubenur di naikkan agar mereka tidak tergiur untuk menilep uang rakyat .
Sementara Jokowi berpendapat gaji pejabat sudah cukup karena ada tambahan tunjangan dan bonus .

Untuk cawapres , Sandi jelas lebih diunggulkan dibanding Maaruf Amin , Prabowo bisa berbagi suara dengan Sandi .
Sandi pun terlihat rilex dan lepas tanpa ketegangan sedikitpun dibanding capresnya Prabowo . Sementara Maaruf Amin terkesan hanya menjadi pelengkap debat saja . Bahkan saat diberi peluang untuk berbicara , Maaruf hanya berbicara sedikit saja . Tentu ini tidak menguntungkan .

Dan jika dikasih nilai , dari 100 point , kubu Jokowi mendapat nilai 50 sementara kubu Prabowo 25 dengan hitungan , point capres 50 sementara point Cawapres 25 .
Jika di hitung keseluruhan penguasaan , Jokowi-Maaruf 80 , kubu Prabowo-Sandi 60 .

image

Eittt dah ,  jangan marah dan menilai tidak adil . Hasil ini juga berdasarkan dari pernyataan Amin Rais pasca debat yang menandakan ekpresi kekecewaan . Amien  mengatakan ” Ini baru satu ronde , masih ada beberapa ronde lagi ” .
Ini seperti pernyataan pelatih klub bola jika timnya kalah .
image

Bagaimana pendapatmu , sudah puas dengan debat capres pilihanmu ?

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s