Kemana Perginya Janin Yang Meninggal Saat Lahir ?

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

image

M2000 – Memiliki keturunan adalah karunia yang luar biasa yang diberikan oleh Allah SWT kepada pasangan suami istri.

Anak merupakan titipan dari Allah yang dipercayakan kepada seseorang untuk dibesarkan dan dididik menjadi anak yang saleh dan salehah dan menjunjung kebesaran Allah SWT serta Rasulullah SAW.

Namun ada kalanya Allah akan memberikan cobaan kepada pasangan suami istri berupa duka keguguran janin yang dinanti-nantinya. Ketahuilah bahwa keguguran merupakan cobaan yang pasti ada hikmahnya bagi yang mau bersabar dan berzikir kepada Allah.

Dalam QS Az Zumar ayat 10 dinyatakan bahwa ”Sesungguhnya hanya orang-orang yang bersabarlah yang dicukupkan pahala mereka tanpa batas.”

Jadi, meskipun rasanya pasti menyakitkan namun jangan putus harapan bagi Anda atau keluarga yang terkena musibah ini. Percayalah bahwa ada balasan yang setimpal bagi setiap hal yang terjadi pada hidup Anda.

Manusia yang mati akan ditimbang amal dan ibadahnya kemudian akan dikirim ke neraka atau surga tergantung dari hasil timbangannya.
Lalu ke manakah perginya janin yang meninggal karena keguguran dan jelas masih suci ?

Berdasarkan HR Ibnu Majah dikisahkan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda, ”Demi Dzat yang jiwaku berada di tangannya, sesungguhnya janin yang keguguran akan membawa ibunya ke dalam surga dengan bersama ari-arinya apabila ibunya mengharap pahala dari Allah (dengan musibah tersebut).”

Dari hadis tersebut bisa dilihat bahwa seorang ibu yang keguguran jika menghadapinya dengan sabar dan hanya mengharapkan pahala dari Allah ta’ala maka janin yang gugur di dalam kandungannya akan masuk ke surga.

Dalam hal ini keguguran dimaknai sebagai anak yang keluar dari perut ibunya dengan bentuk yang tidak sempurna dan dalam keadaan mati .

Setiap bayi yang lahir ke dunia adalah dalam keadaan yang fitrah atau suci. Anak-anak belum memiliki dosa sendiri sampai ia sudah masuk ke usia baligh yaitu setelah ia mengalami mimpi basah. Dengan demikian tidak hanya janin yang meninggal dalam kandungan yang mendapatkan akses langsung masuk ke surga, namun juga bayi yang lahir dan hidup kemudian karena satu dua hal meninggal sebelum usia baligh.

Untuk hal ini ada dalil dari HR Bukhari dan Muslim yang menyatakan bahwa, ”Tiap-tiap anak orang Islam yang mati sebelum baligh akan dimasukkan ke dalam surga dengan rahmat Allah.”

Selain dalil di atas, ada juga ulama yang mengatakan bahwa janin yang mati karena keguguran akan memberikan manfaat yang mulia bagi orangtuanya ketika di akhirat nanti. Terutama untuk janin yang sudah berusia lebih dari 4 bulan karena pada usia tersebut ruh atau nyawa sudah ditiupkan kepada janin meski belum memilki bentuk tubuh yang sempurna seperti manusia.

Syaikh Shalih Al-Munjjid berkata, ”Sebagian ulama menegaskan bahwa janin yang keguguran akan memberikan syafa’at kepada kedua orang tuanya di hari kiamat”.

Ada juga hadis yang menceritakan bahwa
Rasulullah SAW pernah bersabda, Allah bertanya kepada malaikatnya apa yang diucapkan hamba-Nya ketika nyawa buah hatinya dicabut.
Kemudian malaikat menjawab bahwa orang tersebut ia memuji-Mu dan mengucapkan Inna lillahi wa inna ilaihi raajiun .
Kemudian Allah berfirman, ”Bangunkan untuk hamba-Ku satu rumah di surga. Beri nama rumah itu dengan Baitul Hamdi (rumah pujian).

Jadi bagi Anda yang saat ini sedang dilanda
musibah keguguran, tidak perlu berlarut-larut dalam kesedihan. Janin yang Anda kandung akan ditempatkan di surga karena kondisinya yang masih suci dan belum memiliki setitik dosa pun karena dosa orangtua tidak diturunkan pada anaknya.

Yang terpenting adalah yakin pada ujian Allah SWT bahwa di balik semua musibah pasti akan ada hikmahnya. Allah memberikan rumah pujian di surga bagi orangtua yang tabah, sabar, dan mengagungkan Allah ketika dilanda musibah yang menyayat hati.

Yakinlah bahwa Allah tidak pernah
memberikan ujian yang melebihi batas kemampuan hamba-Nya. Oleh karena itu, tetap bertawakal dan percaya dengan kekuatan diri dan kepercayaan Allah kepada penerima musibah untuk melewati dukanya dan menjadi hamba yang lebih kuat. Allah akan membalas kebajikan yang dilakukan oleh umatnya dan memberikan hukuman bagi yang berbuat jahat atau khilaf.

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum…

Library : dari berbagai sumber

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s