Prabowo Miliki Lahan Ratusan Ribu Hektar dan Ngaku Nasionalis

image

M2000.Jakarta – Yang paling dicatat masyarakat pasca debat capres kedua adalah apa yang disampaikan Jokowi pada Prabowo soal kepemilikan tanah ratusan ribu hektar dan membuat publik terhenyak .

Tanah milik Prabowo yang berstatus HGU ini terdapat di Kalimantan Timur sebesar 220.000 ha dan 120.000 ha di Aceh Tengah , jadi setidaknya Prabowo memiliki tanah seluas 340.000 hektar dari apa yang disampaikan Jokowi dan faktanya di akhir debat Prabowo mengakuinya .
Jokowi juga menyampaikan bahwa pembagian-pembagian seperti ini tidak dilakukan masa pemerintahannya atau dengan halus Jokowi mengatakan terjadi dimasa Suharto atau mertua Prabowo di era Orba.

Menurut pemberitaan detikFinance, salah satu lahan yg dikuasai Prabowo adalah lahan batubara seluas 10.000 ha yg berada di Kutai Timur melalui PT Kaltim Nusantara Coal (KNC).
PT KNC merebut lahan tersebut dari Churchill Mining Plc asal Inggris tahun 2013 setelah memenangkan gugatan melalui Mahkamah Agung.

Menurut Kuasa Hukum KNC Hotman Paris, dilahan tersebut terdapat batubara yg nilainya mencapai US$ 1,8 miliar, “Uang sebanyak itu kalau dimiliki oleh orang Indonesia, dia akan menjadi seorang konglomerat terkaya di Indonesia,” ujar Hotman.

Wow…., kenapa masih minta sumbangan kampanye dari pendukungnya ya…????

Terlepas dari penguasaan lahan oleh Prabowo  saat ini , memiliki lahan tanah luas sudah dilakukan oleh rezim orde baru.
Kepemilikan tanah oleh keluarga Soeharto ini tidak sedikit yang dilakukan dengan cara-cara yang haram dan itu baru terbuka dan diketahui oleh masyarakat setelah rezim Soeharto jatuh tahun 1998.

Dari hasil inventarisasi BPN yang ditulis pada Majalah Tempo, Edisi. 04/XXIIIIIII/27 Oktober – 02 November 1998, Soeharto dan keluarganya memiliki lahan hampir disemua wilayah provinsi, baik yang bersertifikat maupun yang tidak.
Namun yang terinventarisir oleh BPN hanya seluas 114,008.80  hektare. Ini terjadi dikarenakan, banyak lahan yang dikuasi mantan penguasa orde baru tanpa melalui prosedur legal seperti penguasaan tanah Negara atau mencaplok tanah warga tanpa proses jual beli seperti umumnya.

Ketika majalah Tempo melakukan investigasi, ternyata lahan yang dikuasai keluarga Cendana tersebar diseluruh wilayah Indonesia, seperti di Sumut  346 ha, Sumbar 38.280 ha, Riau 180.000 ha, Jambi 147 ha, Kalsel 350.000 ha, Kaltim 2.443.338 ha, Sulut 25 ha, Jabar 35.098,8 ha, DKI 281,1 ha, Jateng 21,8 ha, Yogyakarta, 150 ha, Jatim 690 ha, Bali, 210,7 ha, NTB 1.745 ha dan Ex Timtim 564.867 ha.
Totalnya adalah 3,615,200.40 Hektare.

Wow , hampair sama dengan luas provinsi Jawa barat bro , jelas ini tidak bisa dibiarkan .Apalagi Prabowo berulangkali menegaskan tentang pasal 33 yang kurang lebih bunyinya ” Tanah , air dan yang terkandung didalamnya dikuasai negara dan di gunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat ” .

image

Tapi kenapa Prabowo justru menguasai tanah yang luasnya ratusan ribu kali lapangan bola itu .
Tapi tenang , diakhir debat Prabowo mengatakan akan menyerahkan kepada negara jika diperlukan untuk rakyat .
Tapi parahnya , kalimat itu masih ada lanjutannya , daripada diserahkan ke asing lebih baik diserahkan ke saya (Prabowo) karena saya lebih nasionalis .

Adakah pembaca yang setuju jika ada orang yang menguasai lahan ratusan ribu hektar disebut berjiwa patriot dan nasionalis ?

image
Siapa yang kemarin ngomong penguasaan lahan hanya di miliki segelintir orang ?
Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s