Prabowo Sang Tuan Tanah , Lahannya Lebih Luas dari Provinsi Banten

image

M2000.Jakarta – Pernyataan Jokowi soal tanah Prabowo yang luasnya ratusan ribu hektar cukup mengejutkan masyarakat , apalagi Prabowo sendiri yang langsung mendengar dari Jokowi yang ditonton puluhan juta rakyat Indonesia .

Prabowo tampak tidak bisa menyembunyikan kekagetannya dan menutupinya dengan senyum kecut .
Bagaimana mungkin Prabowo yang selalu mengutip pasal 33 soal bumi , air dan kekayaan didalamnya dikuasai negara , faktanya malah dikuasai secara pribadi lewat perusahaannya .

Bayangkan tanah yang luasnya 5 kali luas jakarta ini dikuasai oleh Prabowo . Walaupun hanya berstatus sebagai Hak Guna Usaha atau HGU , namun apa iya seorang yang selalu protes soal kekayaan yang dimiliki oleh segelintir orang ternyata dia sendiri salah satunya .

Jokowi pun menegaskan bahwa HGU atas tanah yang sangat luas itu tidak akan pernah terjadi dijamannya .
Sedangkan Prabowo malah mengatakan jika tanah itu mau diambil negara maka dia akan menyerahkannya karena memang milik negara .
Tapi diakhir kalimatnya , Prabowo juga menambahkan bahwa daripada tanah itu jatuh ke asing lebih baik dirinya yang mengelola, karena dirinya lebih patriot dan nasionalis .

Tapi jujur lebih baik tanah itu dibagikan ke rakyat seperti yang dilakukan Jokowi dengan pembagian sertifikat selama ini , toh pak Jokowi juga tidak menyalahkan Prabowo soal kepemilikan tanah HGU Prabowo . Yang disoroti Jokowi kenapa pembagian sertifikat kepada rakyat di nyinyir sama Prabowo dan pendukungnya . Terlebih lagi Amin Rais mengatakan itu pengibulan .

Lagian kepemilikan tanah yang berstatus HGU
kan memang terjadi pada tahun 2004 dimasa SBY atas saran Jusuf Kalla yang saat itu menjadi wapres , yang katanya lagi saat itu ada pengusaha Singapura yang juga berminat atas lahan itu .

Dan faktanya Prabowo membelinya cash sesuai aturan saat itu .
Coba dijaman Jokowi apa mungkin seseorang bisa membeli atau menyewa tanah seluas itu .
Mending juga dikasih ke ribuan rakyat yang lebih membutuhkan daripada ke perorangan .

Ya , tanah yang disinggung Jokowi itu cuma di Kalimantan 220.000 hektar dan di Aceh 120.000 hektar , dan luasnya saja sudah 5 kali luas Jakarta , padahal masih banyak lagi tanah-tanah yang dimiliki Prabowo .
Berikut datanya :

image

Keterangan :
1]. Papua. Seluas 155 ribu hektar konsesi lahan di Merauke (tepatnya di Ngguti dan Okaba) yang dimiliki PT Kertas Nusantara (Prabowo).
https://awasmifee.potager.org/?page_id=191〈=id

2]. Setidaknya memiliki 170 ribu hektar konsesi sawit di Kalimantan Timur (dinaungi Arsari Grup, melalui Arsari Enviro Industri)
http://www.globeasia.com/cover-story/back-to-basics/

3]. Memiliki setidaknya 400 ribu hektar (tidak dijelaskan apakah konsesi/milik sendiri) sawit di Kalimantan Timur
http://jakartaglobe.id/archive/hashims-new-horizons/

4]. Memiliki Hak Guna Usaha selama 35 tahun atas lahan 28 ribu hektar melalui PT Tidar Kerinci Agung.
Ditanam sejak 1986 (nb: hitung lamanya HGU, maka HGU akan selesai pada 2021). Yang baru ditanam sekitar 16 ribu hektar. Lahan HGU 28 ribu hektar ini terletak diantara Solok Selatan dan Dharmasraya (Sumatera Barat) serta Bungo (Jambi)
http://tka.co.id/ .

5]. Memiliki setidaknya 3500 hektar lahan dan bangunan PT Kertas Nusantara. Terletak di Mangkajang Berau, Kalimantan Timur
https://www.viva.co.id/berita/bisnis/60541-pabrik-kertas-prabowo-terbesar-di-asean

6]. Memiliki 10 ribu hektar konsesi lahan batubara melalui PT Kaltim Nusantara Coal. Secara keseluruhan memiliki konsesi lahan batubara seluas 60 ribu hektar (tapi tidak didetilkan letaknya dimana saja/di kabupaten mana saja jika di Kalimantan Timur)
https://finance.detik.com/berita-ekonomi-bisnis/d-2283816/perusahaan-prabowo-menang-rebutan-harta-karun-di-kutai-timur

7]. Sejak dekade 90-an melalui PT Batu Hitam Perkasa (BHP), Hasyim memiliki Paiton 1. Sementara Paiton 2 dimiliki Bambang Trihatmodjo. Luas area Paiton sendiri setidaknya 140 hektar
https://www.wsws.org/en/articles/1998/06/ind2-j13.html
https://rakhman.net/activities/pltu-pertama-peraih-proper-emas-unit-pembangkit-paiton/

Data diatas terpampang jelas , bukan hanya Prabowo yang memilikinya sendiri tapi bersama adiknya Hasyim yang pengusaha tajir yang memodali Prabowo untuk mendirikan Gerindra dan maju capres itu .
Kebayang gak sih , 1,3 juta hektar tanah .
Jika 340.000 hektar saja seluas 5 kali jakarta , artinya ini bisa 18 kali luas jakarta atau lebih luas dari  Provinsi Banten yang hanya 960.000 hektar saja …Fantastis .

Ya mungkin saja pengusaha taipan lahannya lebih luas dari yang dimiliki Prabowo tapi mereka tidak pernah gembar-gembor menyoal pasal 33 apalagi mengatakan dirinya patriot dan nasionalis , mereka memang murni pengusaha dan yang jelas kepemilikan HGU mereka bukan dijaman Jokowi .

image

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s