Ketika Iblis Mengancam Tuhannya

Assalamu’allaikum mass-miss sadayana

image
ilustrasi

M2000 – Di tepi sebuah sungai yang hening, Iblis meringkuk menahan kesakitan yang luar biasa. Badannya penuh luka, terbalut kain hitam pekat yang lusuh dan compang-camping.

Ya Allah! Selama ini akulah yang paling taat menyembahMu!” ratapnya dengan suara parau.

Air mata darah mengalir dari kedua matanya. “Ya, hanya akulah penyembahMu yang paling taat. Tapi kenapa kemudian Engkau ciptakan Adam, masihkah Engkau kurang disembah?”

Sosok hitam itu semakin tertunduk hingga wajahnya nyaris menyentuh batu tempat ia teronggok.
“Ya Allah, Akulah yang selama ribuan tahun paling beriman kepadaMu. Tapi kemudian Engkau perintahkan aku bersujud di hadapan Adam, yang hanya tercipta dari tanah, sementara aku lebih mulia darinya?”
“Ya Allah, karena Engkau telah memilih memuliakan Adam dan menghinakanku, maka sejak hari ini Engkau tidak akan aku sembah lagi!” tangisnya pecah di atas batu.

Antara rasa kecewa dan takut, dia mencoba menyuap Tuhan dengan mengungkapkan ibadah-ibadah nya. Ia juga mencoba merayu Tuhan dengan mengungkit-ungkit ketaatannya. Tapi semua itu sia-sia.
“Tidak ada gunanya penyembahanku selama ini! Tidak ada manfaatnya ketaatanku selama ini! Karena Engkau akhirnya telah mengusir aku! Engkau telah kalahkan aku! Maka aku bersumpah, Engkau tidak akan disembah!”

Dari kisah ini dapat kita ambil kesimpulan bahwa sehebat apapun makluk , yang merasa paling taat , paling beragama tidak akan guna jika menjadi sombong , karena Allah akan menguji makluknya dan jika makluknya sudah tidak ada rasa hormat atau ketundukan pada sang pencipta maka tidak ada lagi iman didadanya atau murtad , yang ada hanya dosa yang menggunung .

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum…

Iklan

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s