Pemuda Pengancam Jokowi Akhirnya Di ciduk tim Jatanras

M2000.Bogor – Atas laporan dan viralnya video seorang pemuda yang mengancam akan memenggal leher Jokowi , Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya akhirnya melakukan penangkapan terhadap pelaku tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara dan tindak pidana di bidang ITE dengan modus Pengancaman Pembunuhan terhadap Presiden RI.

Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya akhirnya melakukan penangkapan terhadap pelaku tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara dan tindak pidana di bidang ITE dengan modus Pengancaman Pembunuhan terhadap Presiden RI yg sedang viral di media sosial saat sekarang ini sebagaimana dimaksud dalam pasal :
– Pasal 104 KUHP
– Pasal 27 ayat 4 junto pasal 45 ayat 1 UU RI no 19 tahun 2016 perubahan atas UU RI no 11 tahun 2008 tentang ITE. dengan rincian sebagai berikut :

*Dasar*
LP/404/V/2019/PMJ/Dit. Reskrimum tanggal 10 Mei 2019

*TKP :* Depan kantor Bawaslu RI di Jl MH. Thamrin Menteng Jakpus

*Waktu Kejadian* : Jumat tgl 10 Mei 2019 sekitar Jam 14.40 wib

*Pelaku Yang Diamankan*

Nama : Hermawan Susanto
Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 08-03-1994
Alamat : Palmerah Barat 1, RT 009 RW 007, Kel. Palmerah, Kec. Palmerah
Agama : Islam

*Peranan*
Melakukan pengancaman pembunuhan terhadap presiden RI dengan mengucapkan kata – kata “Dari Poso nich, siap penggal kepala Jokowi, Jokowi siap lehernya kita penggal kepalanya demi Allah”.

*TKP Penangkapan*
Perumahan Metro Parung, Jl Anggrek Metro IV Blok A5 Nomor 14 RT 02 RW 07, Desa Waru, Kecamatan Parung, Kabupaten Bogor

*Waktu Penangkapan*
Dilaksanakan Penangkapan pada hari Minggu, Tanggal 12 Mei 2019, pukul 08.00 WIB

*Kronologis*
Berawal dari adanya rekaman video pengancaman pembunuhan terhadap Presiden RI yg viral di media sosial. Selanjutnya subdit Jatanras pimpinan Akbp Jerry Raimond Siagian, SH, SIK, MH melakukan penyelidikan dan penyidikan sehingga diketahui pelaku yg melakukan pengancaman pembunuhan tsb bernama Hermawan Susanto. Selanjutnya tim melakukan pengejaran terhadap pelaku dan tim berhasil mengamankan pelaku di perumahan Metro Parung Bogor. Pada saat dilakukan introgasi pelaku mengakui perbuatannya. Selanjutnya tim melakukan penggeledahan di rumah pelaku di PAL Merah Jakbar dan ditemukan pakaian, tau dan tutup kepala yg digunakan pelaku pada melakukan tindak pidana tsb. Selanjutnya pelaku dan barang bukti dibawa ke Polda Metro Jaya utk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

*Barang Bukti Yang Diamankan*
1. 1 (satu) buah Kartu Tanda Pengenal a.n Hermawan Susanto
2. 1 (satu) buah FC kartu Keluarga
3. 1 (satu) buah Handphone Xiaomi putih
4. 1 (satu) buah peci berwarna hitam
5. 1 (satu) buah Jaket berwarna Cokelat
6. 1 (satu) buah Tas berwarna Hitam

*RTL*
1. Membuat Lapgas
2. Pemeriksaan terhadap Tersangka
3. Melengkapi Administrasi Penyidikan
4. Pemberkasan untuk diajukan ke JPU

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono menyebutkan saat dibekuk, tak ada perlawanan yang dilakukan pemuda itu.

“Masih kami periksa setelah diamankan Subdit Jatanras tadi pagi,” kata Argo.

Menurutnya dalam pemeriksaan penyidik akan melihat ada tidaknya unsur pidana yang telah dilakukan pelaku sebelum ditetapkan tersangka.
Ada beberapa pasal yang bisa diterapkan ke pelaku, kata Argo juga sesuai laporan yang ada.

Dimana pelaku bisa dijerat tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara dan tindak pidana di bidang ITE dengan modus pengancaman pembunuhan terhadap Presiden RI sebagaimana dimaksud dalam pasal Pasal 104 KUHP tentang keamanan negara yang mengancam keselamatan presiden dan wakil presiden atau Pasal 27 ayat 4 junto pasal 45 ayat 1 UU RI nomot 19 tahun 2016 tentang perubahan atas UU RI no 11 tahun 2008 tentang ITE,” paparnya.

Mengancam keselamatan presiden dan wakil presiden adalah perbuatan makar , dan hukumannya minimal 5 tahun penjara dan 20 tahun penjarat.

Jadi sudahlah , apa hanya gara-gara pilpres dan jagoannya kalah , lantas boleh marah-marah dan melakukan pelanggaran hukum .

Ingatlah bahwa siapapun yang terpilih nantinya adalah orang yang dipilih Allah untuk memimpin bangsa ini , apa kamu mau menentang kehendak Allah ?

View this post on Instagram

Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya telah melakukan penangkapan terhadap pelaku tindak pidana kejahatan terhadap keamanan negara dan tindak pidana di bidang ITE dengan modus Pengancaman Pembunuhan terhadap Presiden RI yg sedang viral di media sosial saat sekarang ini sebagaimana dimaksud dalam pasal : – Pasal 104 KUHP – Pasal 27 ayat 4 junto pasal 45 ayat 1 UU RI no 19 tahun 2016 perubahan atas UU RI no 11 tahun 2008 tentang ITE. Kejadian di Depan kantor Bawaslu RI di Jl MH. Thamrin Menteng Jakpus Pada hari Jumat tgl 10 Mei 2019 sekitar Jam 14.40 wib *Pelaku Yang Diamankan* Nama : HS Tempat/Tanggal Lahir: Jakarta, 08-03-1994 Alamat : Palmerah Barat, Kel. Palmerah, Kec. Palmerah Melakukan pengancaman pembunuhan terhadap presiden RI dengan mengucapkan kata – kata “Dari Poso nich, siap penggal kepala Jokowi, Jokowi siap lehernya kita penggal kepalanya demi Allah”. Ditangkap di Perumahan Metro, Parung, Kabupaten Bogor pada hari Minggu, Tanggal 12 Mei 2019, pukul 08.00 WIB #jacklynupdates #jacklynchoppers #jacklynjatanras #ditreskrimum_pmj #jatanraspoldamj #tampilluarbiasa @ditreskrimumpmj @jatanraspoldamj @bagbinops_krimumpmj @humas.pmj @ar_nasution82 @adehj @polisi_indonesia @halo_polisi @kontributorjakarta @ferdiansyah_marlupy @thepolice.trans7 @suaradotcom

A post shared by Jacklyn Choppers (@jacklyn_choppers) on

Iklan

2 tanggapan untuk “Pemuda Pengancam Jokowi Akhirnya Di ciduk tim Jatanras”

  1. Masshar,saya pendukung jokowi tp saya kecewa atas penindakan kasus ini terutama terhadap kasus serupa yg terjadi beberapa waktu lalu,(pelaku ras china-red)…menurut masshar gimana???

    Suka

    1. ok . sy jawab . bocah yg itu ya . itu sudah diproses . krn pelaku dibawah umur maka sidang tertutup untuk umum . mengenai hukumannya , bisa di cek ke kejari Jakbar . karena yg diekpos memang polisi pas menciduknya . dan tugas polisi selesai sampai mengantarkan tersangka ke kejaksaan . .semua sama dimata hukum . .dan ini bisa di baca di ig nya polisi gondrong yg nangkep kemarin (@jacklynchooper).

      Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s