Fakta Tentang Mobil Esemka

M2000.Boyolali – 5 September 2019 akhirnya pecah telur juga apa yang selama ini dinanti-nanti dan di nyinyir-nyinyir , apalagi kalau bukan mobil Esemka . Presiden Jokowi sendiri yang meresmikan peluncurannya di Boyolali .Mobil Esemka yang rencananya menjadi proyek mobil nasional ini resmi dilanchmg
Dalam keterangan resminya. PT Solo Manufaktur Kreasi merakit mobil dengan tenaga kerja yang berasal dari lulusan SMK di wilayah Solo Raya dan Jawa Tengah.

“Esemka ini proses untuk berkarya membuat mobil, memang untuk proses awal kita reverse engineering dulu. Terus nanti cara bertahap kita akan modifikasi, 100 persen itu desain dari Indonesia. Ini sudah di angka 60-an persen,” ujar salah satu Enginering PT Solo Manufaktur Kreasi, Fajar di Gedung Kemenperin, Jakarta Pusat, Selasa (13/8/2019).

Banyak yang nyinyir terlebih bagi haters Jokowi kalau mobil Esemka ini hanya mobil dirakit di Indonesia .
Namun pihak Esemka akhirnyas buka suara, menepis isu mobil dari China.“Yang tidak buatan Indonesia itu ring piston, kesulitan untuk bahannya. Kemudian ECU belum 100 persen dari Indonesia. Kemudian beberapa part yang sifatnya bahannya sulit di Indonesia ataupun peralatannya belum tersedia,” sambung Fajar.

Ini tentu mengingatkan kita akan proyek mobil nasional di era Suharto yaitu mobil Timor yang digarap oleh anak kesayangannya Tomi Suharto yang mana mobil tersebut diadopsi dari mobil Korea bermerk KIA . Memang tidak mudah memulai sebuah usaha apalagi pembuatan mobil . Sekelas TOYOTA saja awalnya juga mengadopsi dari Chevrolet hingga seperti sekarang ini .Untuk ESEMKA sendiri saat membangun mobil BIMA telah menjalin kerja sama dengan perusahaan lokal sebagai pemasok suku cadang.

Beberapa part yang digunakan pada mobil BIMA yaitu :

* PT INKA: Tangki BBM, Chassis
* PT IMS + PT. Santoso Cipta Dian Prima: Grill
* PT. Armada Indah Agung Glass: Kaca Depan, Samping Kiri, dan Kanan, dan Kaca Belakang
* PT Nippres Energi Otomotif: Accu
* PT Selamat Sempurna: Fuel Filter dan Oil Filter
* PT Duta Nichrindo Pratama: Air Filter
* PT Bando Indonesia: Belt
* PT Gajah Tunggal: Ban
* Inkoasku: Velg
* ABC Bawen Karoseri: Jok
* PT Inka + ABC Bawen Karoseri: Bak/Kargo
* PT Karya Catur Manunggal: Knalpot
* PT Yogya Presisi Tekuitama Industri: Emblem
* Pertamina: Pelumas
* PT. Fuller Autoparts Indonesia: Alternater Assy & Starter Assy
* PT Indospring: Per Daun.Part yang akan digunakan BIMA :* PT Tokyo Radiator Selamat Sempurna: Radiator
* PT Anugrah Berkat Cahya Abadi & PT Dana Paint Indonesia: Cat
* Prasindo: Brake Shoes
* UD Adi Surya Gemilang: Engine Mounting
* Koperasi Batur Jaya: Drum Brake
* PT Samudera Luas Paramacitra: Per Daun dan Shockbreaker
* PT Usra Tampi: Dash Board & Steer Wheel
* PT Cikarang Perkasa: Blok Mesin dan Blok Transmisi
* PT Dasa Windu Agung: Head Lining
* Nggawangga Mitra Mulia: Ferro Casting.

Nah , ternyata banyak vendor lokal yang bermain di proyek ini dan mematahkan anggapan miring bahwa mobil Esemka hanya tipu-tipu dan hanya mobil China yang dirakit di Indonesia .Kalaupun ada mirip-mirip ya wajar , karena untuk membuat satu produk baru memang tidak mudah dan murah , salah satu yang berbiaya mahal adalah mesin pencetak yaitu Dies . Tidak semua perusahaan mobil punya mesin ini , rata-rata mereka menggunakan vendor atau karoseri untuk memesan produknya .

Maka jangan heran jika mobil-mobil sekarang bentuknya nyaris sama , lihat saja antara Avanza dan Xenia , Rush dan Terios , nyaris sama karena bisa jadi vendornya memang sama dan hanya sedikit ubahan saja .

Lagipula jika produk pertama laris di pasaran maka akan banyak di ikuti produsen lain .Ngomong-ngomong jadi beli mobil Esemka gak nih , mumpung sudah launching ?Apa nyinyir aja sudah senang , hehehe …nyinyir aja sudah senang apalagi bisa beli mobil keren ini …

Iklan

3 tanggapan untuk “Fakta Tentang Mobil Esemka”

  1. waduh mashar kudu ubek lebih banyak lagi kalau soal beginian dah hehe..

    Avanza-Xenia, rush terios, ayla agya, calya sigra mirip? Bukan mirip lagi, Toyota Daihatsu itu sister company kang. Berbagi platform, berbagi desain dlsb. Daihatsu sudah dibeli mayoritas sahamnya oleh Toyota sejak beberapa tahun lalu.

    Dulu Timor diambil dari Kia Sephia plek plek yang berubah emblem doang, infonya jelas, ada, bisa dicari dimana mana, Wuling – Chevrolet juga jelas, info dan beritanya ada. Mereka kerjasama..

    Toyota di awal mengadopsi mobil lain? Itu juga jelas kan, beritanya bisa dicari..

    Nah maunya ay sih, desain mirip si Bima dengan sana itu mbok ya transparan.. seperti pabrikan lainnya yang ay sebut di atas. Kalau memang beli desain ya sebut, kalau memang ada kerjasama desain ya bilang. Nyinyir pasti akan tetap ada, gakan bisa dihilangkan, tapi setidaknya terbuka itu sangat bikin lega dan bisa meminimalisir tudingan jiplak.. apa mau dicap seperti itu? hehe

    Suka

    1. wah , berat nih ketemu pakarnya . hehehe….tp sebenarnya yg mau sy angkat bukan soal produknya , tp soal pesimisnya dari hater jokowi itu …nah sekarang kan sdh muncul , andikan sdh dijelaskan oleh pihak esemka pun pasti di nyinyir lagi . itu point nya .

      Suka

gunakan suaramu

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s