Benarkah Palestina adalah Negara Pertama yang Mengakui Kemerdekaan Indonesia

M2000.Jakarta – Di berbagai catatan sejarah , negara Palestina adalah negara pertama yang mengakui kedaulatan dan kemerdekaan Indonesia , bernarkah demikian ?

Seperti kita ketahui , negara kita merdeka disaat ada kekosongan pemerintahan dimana Jepang yang saat itu berkuasa menarik seluruh pasukannya pasca menyerag pada perang dunia ke 2 setelah Hirosima dan Nagasaki dibom oleh Amerika .

Disaat yang tepat , Sukarno akhirnya membacakan teks proklamasi di Jakarta yang sejarahnya tidak perlu kita jelaskan disini .

Terdapat setidaknya empat syarat yang harus dipenuhi untuk menjadi sebuah negara berdaulat, yaitu; wilayah yurisdiksi, penduduk, pemerintahan yang legitimate, dan adanya pengakuan dunia internasional.
Pada saat Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945, ketika Bung Karno mendeklarasikan berdirinya Republik Indonesia, kita sudah memenuhi setidaknya tiga kriteria pertama. Lalu, Negara mana saja yang pertama-tama mengakui kemerdekaan Indonesia?

Dalam salah satu buku Ziarah Sejarah; Mereka yang Dilupakan, karya Hamid Nabhan, yang diterbitkan baru-baru ini, disebutkan bahwa setidaknya 10 negara pertama yang menyatakan dukungannya dan mengakui kemerdekaan Republik Indonesia, adalah negara-negara Islam di kawasan Afrika dan Timur Tengah. Negara-negara tersebut adalah; Palestina, Mesir, Libanon, Siria, Irak, Saudi Arabia, Yaman juga menyusul Afganistan, Iran dan Turki.

Dikisahkan oleh Hamid Nabhan, pada tanggal 17 Agustus 1945 bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan nya, tapi dunia internasional belum ada yang mengakui kemerdekaan tersebut, padahal pengakuan dunia internasional adalah syarat bagi eksistensi sebuah negara. Ketika itu, wilayah Indonesia terjadi kekosongan kekuasaan setelah jepang menyerah pada Sekutu. Tapi di saat yang sama, pasukan Sekutu akan mendarat dengan membawa pasukan Belanda yang ingin berkuasa kembali di Indonesia. Maka pengakuan dunia internasional menjadi satu hal yang paling urgent dibutuhkan pada saat itu.

Menariknya, pengakuan dari negara-negara Arab ini justru di mulai dari Palestina yang diwakili oleh Mufti Besar Bangsa Palestina Sayyid Muhammad Amin Al Husaini yang diucapkan langsung dari Radio Berlin berbahasa Arab dan juga lewat Harian Al-Ahram yang turut memberitakan pengakuan kemerdekaan Indonesia.

Nah , jadi sudag jelas bukan , kalau negara Palestina memang negara pertama yang mengakui kedaulatan atau kemerdekaan Indonesia .
Maka jangan heran jika pemerintah RI dari era presiden Sukarno hingga Jokowi selalu menganggap Palestina adalah saudara dan selalu memberikan bantuan kepada negara tersebut .

Pun begitu rakyat dan pemerintah Palestina pun akan menyambut baik WNI yang kesana karena memang ada history dan chemistry antara Indonesia dan Palestina .
Dan sampai sekarang pun demi menghargai Palestina , pemerintah tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel yang menjadi musuh umat muslim di seluruh dunia dan khususnya Palestina .

Library : islamindonesia.id

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s