Bacaan Allahummarhamna Bil Quran, Doa Khatam Al Qur’an

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

Masshar2000.com – Sudahkah Anda Khatamkan Al Quran?
Alangkah bahagianya jika anda sedari kecil sudah khatam Qur’an . Karena jika anda sudah besar dan sudah berkeluarga dengan berbagai persoalan , maka akan sangat susah belajar membaca huruf arab atau al Qur’an dibandingkan jika anda sudag memulainya selagi kecil yang otaknya masih fresh sehingga masih mudah untuk mempelajarinya .

Bibi saya pernah mengatakan kepada saya , ” beruntung sekali kamu dulu waktu kecil ikut ngaji , lha aku yang sudah emak-emak gini sudah sulit untuk bisa membaca Qur’an ” .
Saya teringat bagaimana waktu kecil ikut ngaji ditempat ustadz pendatang ditempat saya . Awalnya yang ikut pengajian tiap bakda magrib jumlahnya banyak . Hampir semua anak laki-laki ditempat saya ikut ngaji .

Dimulai dari juz ‘amma , tapi kemudian lama-lama habis tinggal sekitar 7 orang termasuk saya yang sampai khatam Qur’an . Saya masih ingat dulu ngajinya setor bacaan , jadi perhari dua baris disuruh pelajari , besoknya di setor , kalau tidak ada yang salah besoknya ditambah jadi tiga baris , hingga satu halaman atau dua halaman sampai khatam . Yang sudah khatam ngulang lagi bisa setor 4 halaman per harinya sampai semua selesai khatam Qur’an .Dan alhamdulillah dari 7 orang tersebut 3 orang diantaranya jadi ustadz , walaupun kelasnya masih ustadz kampung . Dan dari 3 orang tadi ternyata saya tidak termasuk didalamnya , hehehe…ilmu saya jelas belum cukup . Jadi terpaksa saya cukupkan untuk nulis di web saja .

Oya , disekitar tempat saya memang tidak ada pesantren atau tempat mondok . Kalaupun ada yang mondok itu hanya satu dua anak para ustadz yang hidupnya berkecukupan , itupun harus keluar kota . Jadi di tempat saya itu hanya satu dua yang bisa baca Qur’an waktu itu . Alhamdulilah di tahun-tahun berikutnya ada ustadz yang ngajarin baca Qur’an untuk bapak-bapak dan akhirnya dibentuk kelompok yasinan . Jadi sekarang sudah banyak yang bisa baca Qur’an walaupun tentunya tidak selancar dan se fasih bacaan santri pondok .

Diatas adalah singkat cerita kehidupan santri ditempat saya , Baiklah mari kita lanjut ke topik utamanya yaitu bacaan atau doa bagi orang yang sudah katam Qur’an .

Setidaknya ada 3 doa yang saya ketahui , tapi yang paling populer dan mudah di hafalkan , itu yang akan saya tulis disini .

Adalah Allahummarhamna bil quran biasanya dibaca ketika kita mengkhataman Al Quran. Yuk ketahui arab, latin, dan terjemah dari allahummarhamna bil quran ini.

Allahummarhamna bil quran, lafadz doa ini hendaknya dibaca bagi siapapun yang telah selesai mengkhatamkan kitab suci Al-Quran. Berdoa sendiri sangat dianjurkan dalam islam di setiap kesempatan, salah satunya adalah sebelum dan setelah melakukan sesuatu apapun itu bentuknya asalkan berupa kebaikan.

Doa Khatam Al Quran Arab, Latin dan Terjemahannya

أَللّٰهُمَّ ارْحَمْنِي بِالْقُرْآنِ, وَاجْعَلْهُ لِي إِمَاماً, وَنُوْراً, وَهُدًى وَرَحْمَةً, أَللّٰهُمَّ ذَكِّرْنِي مِنْهُ مَا نَسِيْتُ, وَعَلِّمْنِي مِنْهُ مَا جَهِلْتُ, وَارْزُقْنِي تِلَاوَتَهُ آناَءَ اللَّيْلِ, وَأَطْرَفَ النَّهَارِ , وَاجْعَلْهُ لِي حُجَّةً يَا رَبَّ الْعَالَمِيْنَ

Latinnya :

Allahummarhamna bil quran

waj’alhulana imama wa nuro

wa huda wa rohmah

Allahuma dzakkirna minhuma nasina

Wa ‘alimna minhuma jahilna

Warzuqna tilawatahu

Ana allayli wa athro fannahar

Wa’alhulana hujjatayya robbal’alamin

Allahummarhamna bil quran Ya Allah

Terjemahannya :

“Ya Allah rahmatilah kami dengan al Qur’an. Jadikan ia imam kami, cahaya, petunjuk dan rahmat bagi kami. Ya Allah ingatkanlah kami apa yang kami lupa dan ajarkan bagi kami apa yang kami jahil. Karuniakanlah kepada kami untuk dapat membacanya sepanjang malamnya dan sepanjang siangnya. Jadikanlah ia perisai kami. Wahai Tuhan sekalian alam.”

Nah sangat mudah bukan , bahkan ada juga yang dibuat lagunya .
Pesan saya buat bapak ibu yang sudah punya putra-putri , hendaknya mengajari putra-putrinya untuk bisa membaca Al Qur’an , sekiranya anda sendiri tidak bisa membaca , masukkan putra-putri anda di TPQ atau di kelompok pengajian masjid di sekitar anda .

Ini adalah melatih mental dan juga psikologis anak nantinya . Jika si anak dari kecil sudag biasa ikut pengajian dan pinter ngaji , saat sudah remaja pasti tidak sungkan untuk bergabung dengan takmir di masjid dan memakmurkan masjid .

Semoga tulisan ini bisa memotivasi anda sekalian .
Wassallamu’allaikum…

https://youtube.com/watch?v=wzHUud88ABU

One thought on “Bacaan Allahummarhamna Bil Quran, Doa Khatam Al Qur’an

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s