Kenapa Spidometer Motor Angkanya Ngaco

M2000.Com – Kamu pasti pernah ngetes speedo meter motor dan membandingkannya dengan speedometer motor lain . Dan seringnya selalu tidak sama antara motor satu dengan lainnya .

Faktanya, memang seluruh pabrikan mobil dan sepeda motor di dunia sengaja membuat speedometer dengan setting-an ‘ngaco’ alias tidak benar-benar tepat.

Melansir laman The Globe and Mail, seperti dikutip Rabu 9 Oktober 2019, hal tersebut sengaja dilakukan untuk mencegah kecenderungan pengemudi menambah kecepatannya.

“Speedometer selalu menunjukkan angka lebih kencang dari laju aslinya. Bukan curang, tapi hal tersebut memang sudah tertuang di dalam International Agreements (kesepakatan global) soal produksi kendaraan,” ujar pakar otomotif asal Kanada, Thomas Tetzlaff.

Di dalam kesepakatan global tersebut, tertulis bahwa angka yang ditampilkan di speedometer haruslah 10 persen plus dua kilometer lebih tinggi dari laju asli kendaraan. Artinya, jika kecepatan sesungguhnya berada di kisaran 90 kilometer per jam, maka yang tampil di speedometer adalah 101 kilometer per jam.

Menurut Tetzlaff, ‘pemalsuan’ kecepatan di speedometer itu baik untuk psikologi sang pengemudi. Sebab, seperti yang telah disinggung di awal, secara tak sadar mereka akan mengurangi kecepatan dengan berpatok pada angka yang tertera di alat tersebut.

“Karena semua hal yang berkaitan dengan otomotif memang harus dipertimbangkan dengan matang,” kata dia.

Tapi perhitungan angka yang 10 persen tersebut tidaklah selalu sama pada setiap motor , karena yang cc-nya semakin besar maka selisih prosentasenya akan semakin mengecil , jika motor dengan cc 100-200 cc bisa jadi memang 10 persen , sedangkan pada motor ber-cc 250 keatas bisa jadi cuma 5 persen atau 2 persen saja .

Gak percaya , silahkan dibuktikan pakai GPS , saya sudah mencobanya

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s