Jokowi Lantik Wiranto hingga Habib Luthfi jadi Wantimpres

M2000.Jakarta – Hari ini adalah hari dimana presiden Joko Widodo melantik 9 nama anggota Wantimpres .

Pelantikan digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat (13/12/2019) pukul 14.50 WIB. Pelantikan diawali menyanyikan lagu Indonesia Raya dan pembacaan SK pelantikan. Jokowi memimpin jalannya sumpah jabatan.

“Demi Allah saya bersumpah/Demi Tuhan saya berjanji, bahwa saya akan setia kepada Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti kepada bangsa dan negara bahwa saya dalam menjalankan jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan, kerja sebaiknya-baiknya dengan penuh rasa tanggung jawab,” kata Jokowi diikuti anggota Wantimpres yang dilantik.

Seusai diambil sumpahnya, para anggota Wantimpres menandatangani berita acara pelantikan. Lagu Indonesia Raya kembali dikumandangkan.

Berikut daftar anggota Wantimpres yang dilantik Jokowi:

1. Sidharto Danusubroto (PDIP)
2. Wiranto (eks Menko Polhukam/Pendiri Hanura)
3. Arifin Panigoro (pengusaha)
4. Agung Laksono (Golkar)
5. Putri Kuswisnu Wardani (pengusaha)
6. Dato Sri Tahir (pengusaha)
7. M Mardiono (PPP/pengusaha)
8. Habib Luthfi bin Yahya (Ulama)
9. Soekarwo (mantan Gubernur Jatim)

Mereka yang dilantik adalah orang-orang yang ahli dibidangnya masing-masing dan mewakili profesi mulai dari pengusaha , politikus hingga ulama .
Sebenarnya ada satu nama lagi yang sebenarnya akan menduduki posisi tersebut yaitu Oesman Sapta Odang , namun karena tidak memenuhi kriteria yang mana anggota wantimpres bukan merupakan ketua partai politik maka Oesman Sapta Odang atau OSO dicoret dari daftar .
OSO sendiri mengatakan bahwa dirinya tidak memenuhi syarat jadi wantimpres karena lebih memilih untuk tetap menjadi ketua umum partai Hanura .

Mengenai Habib Lutfi yang dari kalangan ulama , ini juga pernah ada nama sebelumnya di era SBY yaitu KH Hasyim Musadi yang dulu menjabat sebagai ketua PBNU .
Habib Luthfi sendiri sekarang menjabat sebagai Ra’is ‘Am Jatman PBNU dan juga Ketua umum MUI Jawa Tengah dan juga ketua Forum Sufi internasional .

Jika ditilik sebelumnya Prabowo Subijanto juga pernah ditawari Jokowi sebagai Wantimpres tapi menolak dan setelah terjadi deal politik sebagai cara rekonsiliasi pasca pilpres , Prabowo akhirnya menjabat sebagai Menteri Pertahanan .

Selamat untuk 9 nama yang masuk Wantimpres , semoga amanah untuk Indonesia lebih maju .

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s