Haul Habib Ali di Solo , Mengenang Pengarang Kitab Simtud durar

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

Masshar2000.com – Acara akbar dan haul terbesar di Indonesia mungkin boleh disematkan untuk haul Habib Ali bin Muhammad al Habsy Solo .

Pada haul ke 109 tahun 2019 ini , acara digelar selama 5 hari dari tanggal 14 hingga 18 desember. Puncak acara atau haul sendiri digelar pada tanggal 17 desember atau selasa pagi dan ditutup dengan acara maulid pada tanggal 18 desember bakda subuh .

Acara Haul Habib Ali bin Muhammad Al Habsyi di Solo, yang terpusat di masjid Riyyad Pasar Kliwon. Ribuan bahkan ratusan ribu jemaah hadir dari berbagai daerah di Indonesia, bahkan tak sedikit dari luar negeri. Tujuan mereka datang, tak lain untuk berdoa, berzikir, mengingat kematian, berselawat, dan ingin mendapatkan keberkahan serta ketenangan hidup dengan berkumpul bersama orang-orang saleh, para ulama, dan para habib.

Dulunya haul ini hanya dilakukan keluarga dan kerabat saja , kemudian warga ikut mendukung dan ternyata semakin tahun , peziarah semakin banyak berdatangan di acara ini dan sekarang acara akbar ini dijadikan event pemkot Surakarta .

Beberapa tahun terakhir masyarakat yang datang mencapai ribuan bahkan ratusan ribu .
Mereka datang tanpa diundang, apalagi diprovokasi. Panitia pun tidak perlu repot-repot membuat media promosi untuk diviralkan di media sosial. Mereka datang dengan penuh keikhlasan, demi menjaga spiritualitas yang tetap menghujam di dada.
Menurut data, jumlah jemaah haul dari tahun ke tahun selalu bertambah. Maka tak heran, jika Kota Solo yang sempit ini menjadi bertambah sempit saja. “Kemacetan” yang dimaklumi terjadi di mana-mana, karena pengalihan arus.

Hotel berbintang maupun melati hampir semuanya penuh, apalagi yang dekat dengan lokasi haul. Lahan-lahan parkir semua terisi dengan bus-bus besar dan mobil pribadi. Para tukang becak pun sumringah, dengan bolak-balik mengangkut jemaah dari penginapan ke lokasi acara. Pedagang baju dan penyedia kuliner pun tak luput dari kesibukan melayani para jemaah haul yang membeli.
Bahkan, menurut Humas Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Solo, bahwa kegiatan haul memiliki efek yang paling besar secara perekonomian dibandingkan dengan event-event lain di Kota Solo.

Luar biasa bukan? Tetapi itu hanyalah efek secara duniawi. Padahal dari peringatan haul ini, secara substansinya adalah berbicara kesalehan dan kebaikan yang dimiliki oleh seseorang, yang tak lain adalah Sosok Habib Ali yang masyhur. Haul adalah kegiatan untuk memperingati hari wafatnya seorang ulama atau tokoh agama yang besar.

Sebagaimana diketahui, Habib Ali wafat pada tanggal 20 Rabiul Tsani 1333 Hijriah atau 1913 Masehi, dan dimakamkan di dekat Masjid Riyadh, Hadhramaut, Yaman. Sedangkan makam yang ada di kompleks Masjid Riyadh, Gurawan, Pasar Kliwon, Solo adalah makam keturunan Habib Ali, yakni makam putranya yaitu Habib Alwi bin Ali Al Habsyi, serta diapit dua makam lainnya, Habib Anis bin Alwi Al Habsyi (cucu) dan Habib Ahmad bin Alwi Al Habsyi.

Tiga makam inilah yang dijadikan tempat para peziarah untuk memanjatkan doa, termasuk sebagai titik pusat kegiatan haul tiap tahunnya. Beliau adalah sosok guru dan ulama besar yang memiliki karisma, karamah, dan akhlak yang tinggi kaliber dunia .
Karya besarnya habib Ali adalah mengarang Kitab Maulid Simtud Durar yang sering kita dengar di acara maulid .

Kitab Simtud duror berisi uraian sejarah dan hikmah kelahiran, perjuangan, dan akhlak mulia Rasulullah, Muhammad saw. Kalimat-kalimat yang indah dan syarat makna tertuang dalam kitab ini. Kitab ini semakin populer di kalangan Nahdliyin, apalagi di momentum bulan Maulid Nabi. Semua orang membaca dan memahami isi kitab Simtud Durar, untuk bisa mencintai dan meneladani Rasul.

Itulah yang saya maknai sebagai reputasi sesungguhnya, yaitu sebuah pencapaian prestasi hidup oleh seseorang yang mampu membawa kemaslahatan besar bagi umat, tidak hanya urusan dunia, tetapi akhirat. Dengan mengenangnya, setiap orang mampu terilhami oleh kebaikan-kebaikannya.
Sungguh, saya menyebutnya sebagai manusia langit, yang tak hanya dikagumi di bumi, tetapi diistimewakan oleh penghuni langit, meskipun secara fisik sudah tak bersama kita lagi. Allahua’lam .
Jadi jika kamu memang mencintai nabi , cintailah ulama , karena ulama adalah pewaris nabi .

Mari datang dan ajak saudara handai tolan untuk menghadiri acara akbar ini . Biasanya para habib dari seluruh penjuru tanah air juga akan datang dan kamu juga akan terkagum-kagum karena nanti kamu akan melihat banyak bule-bule muslim yang juga banyak datang dari luar negeri ke acara ini…bahkan mereka rela berpanas-panasan di jalan-jalan sekitar masjid …masya Allah ,

Catat tanggalnya , 14-18 desember 2019 di masjid Riyadh , Pasar Kliwon Solo .

Dan inilah dokumentasi haul Habib Ali dari tahun ke tahun ,

Silahkan download di play store

Buat jamaah dari luar kota , ini ada info menarik :

*_INFO TRANSIT GRATIS HAUL SOLO 17 – 18 Desember 2019_*

PCNU Surakarta menyediakan tempat istirahat bagi para jama’ah/peserta Haul dari luar kota:
1. Kantor PCNU Surakarta Jl. Honggowongso No. 75 Surakarta.
Cp. Gus Faruq
WA. 082141787396

2. Pondok Al-Manshur Kauman.
Cp. Gus Riski
WA. 083127600333

3. Sekretariat Lesbumi NU Surakarta (Omah Badran), Jl. Hasanudin No. 40 Purwosari Laweyan Surakarta.
Cp. Om Dhany
WA. 081228930833

4. Posko Relawan Haul On Location Ansor-Banser, Lazisnu, LPNU, IPNU-IPPNU, MWC Pasar Kliwon

5. Rumah Kost H. Khorlan (Pringgolayan, RT. 04 / RW. 04, Desa Singopuran, Kec. Kartasura, Kab. Sukoharjo)
CP: H. Khorlan +62 821-3469-6282

Contact Person:
– Kasatkorcab Banser Kota Surakarta (Bp. Makmur Budianto) 081390431348
– Bp. Wondo
081804580185
– Bp. Agus Alam
081804478949
– Bp. Fajri
085725002543

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum …

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s