Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

Masshar2000.com – Ada sekelompok orang yang suka menggunakan kekerasan dengan dalih menegakkan agama , bahkan mereka tak segan menggunakan simbol-simbol agama seperti meneriakkan takbir untuk memerangi kelompok lain yang juga mengagungkan takbir .

Habib Umar bin hafidz pernah mengatakan bahwa mereka sebenarnya bukan mengagungkan Allah , mana mungkin mereka mengagungkan Allah untuk membunuh saudaranya sendiri , mereka hanya menuruti hawa nafsunya .

Sedangkan Habib Ali al Jufri yang juga murid Habib Umar mengatakan lebih jelas lagi.
Habib Al-Jufri, seorang dai asal Uni Emirat Arab menyebutkan bahwa menebarkan kebencian atas nama agama adalah haram.

Pernyataan Habib Ali ini diunggah melalui saluran berbagi di Twitter resminya. Menurut murid Habib umar ini, menebar kebencian atas nama agama adalah bagian dari dalih palsu yang berpotensi mengarah pada pertikaian dan peperangan.

“Nashr al-Karahiyah baina an-nas bismiddin haram, fahuwa dzariatun tuaddi ila al-ihtirab fiima bainan nas wa tahlilu ma harramallahu min al-dima’ (Menebar kebencian atas nama agama hukumnya haram, Hal itu hanya berpotensi menimbulkan peperangan dan penghalalan atas darah-darah yang telah diharamkan oleh Allah SWT),” tuturnya.

Habib Ali yang kini terkenal sebagai duta dai moderat dunia ini menyebutkan bahwa hal ini merupakan bagian dari pembaharuan kaidah ushul fikih, yaitu Saaddud dzariah. Saaddud dzariah sendiri, sebagaimana disebutkan oleh Imam al-Qarafi adalah merupakan salah satu kaedah ushul fikih yang berarti memutus perantara atau jalan kerusakan untuk mencegah terjadinya kerusakan itu sendiri.

Dalam kasus yang disebutkan oleh Habib Ali, yaitu menebar kebencian atas nama agama, karena dianggap sebagai jalan atau perantara terjadinya kerusakan, yaitu peperangan dan pembunuhan, maka haram hukumnya. Pengharaman ini sebagai bentuk pencegahan atas terjadinya peperangan dan perpecahan.

Habib Ali al-Jufri memang gencar sekali mendakwahkan perdamaian dalam mimbar-mimbar dakwahnya. Beberapa kali ia menyebutkan bahwa ia mencintai orang-orang yang berbeda agama sebagai bagian dari saudara.
Seperti kata Sayyidina Ali bin Abi Thalib ” Mereka yang bukan saudaramu seiman adalah saudaramu dalam kemamusiaan ” .

Dari pernyataan Habib Ali dapat disimpulkan bahwa kejahatan atas nama agama adalah kejahatan besar dan mbahnya dari kejahatan itu sendiri karena berani membawa agama dan Tuhan dalam aksinya .

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum …

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s