Doa Menjamak Niat Puasa Ramadhan

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

Masshar2000.com –

Marhaban Ya Ramadhan, Ramadhan Mubarak .
Semoga Allah mengantarkan kita kepada Ramadhan, dan mengantarkan Ramadhan kepada kita dan semoga amal kami di bulan Ramadhan diterima oleh Allah Ta’ala, aamiin.

Ya Allah jagalah puasa kami, dan jadikan puasa kami sebagai syafaat (penolong) kami kelak di hari kiamat, dan tolonglah kami supaya tetap berada dalam ketaatan kepadaMu. Ya Allah berilah taufik kepada kami atas apa yang Engkau ridhoi kepadanya, dan jauhkanlah kami dari maksiat kepadaMu ketika berpuasa, dan jadikanlah kami di antara hamba-hamba Mu yang shalih dan kelompokMu yang beruntung di sisiMu.

Ya allah ampunilah kami dan taubat kami, dan ampunilah dosa-dosa kami dan dosa-dosa orangtua kami dan dosa-dosa para segenap kaum muslimin. Allahumma aamiin…

Sahabatku , tak terasa kita sudah memasuki bulan ramadhan , bulan yang kita tunggu-tunggu dimana akan banyak malaikat turun ke bumi mencatat setiap amalan sekaligus mengalikan pahalanya .

Tidak ada orang beriman , kecuali ia bersuka cita menyambut datangnya bulan suci ini . Bulan dimana seseorang hamba di uji menahan haus dan lapar sementara ia harus tetap membanting tulang , panas-panasan diluar , tapi tetap bergembira menyambut bulan penuh berkah ini .

Sahabatku , salah satu rukun puasa adalah niat , niat tidak selalu dengan lisan tapi yang paling utama adalah niat dalam hati berpuasa penuh . Banyak ulama berpendapat bahwa bacaan niat secara lisan lebih afdol daripada niat dalam hati dan itu menjadi wajib .

Nabi Muhammad SAW bersabda, “Sesungguhnya setiap amal itu tergantung pada niatnya. Dan setiap orang akan mendapatkan sesuai dengan apa yang dia niatkan.” (Muttafaqun ‘alaihi).

Dalam hadist lain yang diterima dari Siti Hafshah, Rasulullah SAW bersabda:

Barang siapa yang tidak berniat akan berpuasa pada malam hari sebelum terbit fajar, maka tidaklah ia berpuasa.”

Nah , ternyata ada lho bacaan niat puasa untuk menjamak selama sebulan . Hal ini untuk berjaga jaga agar puasa tetap sah ketika suatu saat lupa niat.sebaiknya pada hari pertama bulan ramadhon baru niat taqlid (mengikuti) pada Imam Malik yang memperbolehkan niat puasa ramadhon hanya pada permulaan saja.

lafal niat sebagai berikut :
nawaitu shouma jami’i syahri romadhoni hadzihissannati taqliidan lil Imaami Maaliki fardhol lillahi ta’ala”.

Namun biarpun ada cara tersebut bukan berarti membuat kita tidak perlu lagi niat di setiap harinya. tapi cukup hanya sebagai jalan keluar kita benar benar lupa.

Adapun bacaan niat puasa adalah :
“Nawaitu shauma ghadin ‘an ada’i fardhi syahri ramadhaana haadzihis sanati lillahi ta’aala.”

Yang artinya:

“Saya niat berpuasa esok hari untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadan tahun ini, karena Allah Ta’ala.”

Semoga bermanfaat ,
Marhaban ya Ramadhan

Wassallamu’allaikum …

Oleh Syaikh Ahmad Idris Marzuqi Lirboyo

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s