Mengenal Syariat , Hakekat dan Makrifat ?

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana
Masshar2000.com – Dibeberapa pemahaman tentang agama kita tidak hanya diajarkan syariat , tapi juga hakekat dan makrifat .

Banyak orang yang tidak menyadarinya dan bahkan ada yang membantah bahwa dalam ajaran islam yang ada hanya syariat saja .
Ini yang harus diluruskan .Syariat itu kwajiban atau tatanan atau tuntunan  dalam beragama . Tentu kita sering mendengar kata syariat islam , sedangkan hakekat atau makrifat adalah tingkatan yang lebih tinggi .Kita juga sering mendengar kata muslim , mukmin dan ikhsan , nah begitulah tingkatannya .
Muslim adalah setiap orang yang beragama islam , sedangkan mukmin adalah orang islam yang taat , sedangkan ikhsan adalah tingkatan yang paling tingggi yang mungkin hanya dimiliki para nabi dan waliyullah , saat mereka beribadah , mereka benar-benar merasakan bahwa Allah hadir di hadapannya karena begitu khusuknya mereka beribadah .

Untuk lebih jelasnya , berikut adalah pengertian dari masing-masing kriteria tersebut ,
  1. syariat itu apa yang ada dalam gerak tubuhmu….atau hal-hal yang kelihatan nyata secara fisik , misalnya sholat , dzikir , naik haji dan sebagainya .
  2. hakekat itu ada dalam gerak hatimu…….
  3. makrifat itu ada dalam nyawamu…….
Mari kita ulas lebih jauh lagi agar lebih mudah memahaminya…… Saya umpamakan seorang yg sedang mengerjakan sholat……
  • Maka setiap gerakan-gerakan tubuhnya/gerakan dan bacaan sholatnya itulah yg disebut syari’at……
  • Arah perasaan qolbunya itulah yg disebut sebagai hakekat. Jika qolbumu dipenuhi riya, atau beribadah karena manusia, apa karena malu dibilang orang “kafir” kelihatan gak sholat, atau karena ingin menampilkan biar kelihatan alim di depan orang. Ini pula disebut syirik khofi (lembut), Tiada tujuanmu selain mencari ridho orang-orang saja, bukan ridho Allah.
  • Makrifat itu ada dalam nyawamu. Ini terlalu dalam untuk dijelaskan, yaitu ada dalam “RASA TUHAN” namun bukan “MERASA TUHAN”, bedanya setipis rambut dibelah 7000. karena sulit sekali dijelaskan dengan pembanding kata-kata apapun juga.
  • Jadi jangan bertanya lagi tentang hal ini…… Orang yang beruntung akan mengerti dengan sendirinya.
  • “Jika dalam tarekatnya dan hakekatnya sholat, orang tidak bisa untuk melenyapkan syirik khofi, maka sebenarnya sholat juga bukan hanya bisa menambah pahala, namun juga bisa menambah dosa”.
  • Dalam hal ini terserah anda percaya atau tidak tentang penjelasan ini , karena jelas akal fikiranmu akan sulit menerima sebuah perkataan bahwa “sholat pun bisa menambah-nambahi dosa”……
  • Semoga bermanfaat , Wassallamu’allaikum…
  • Library : @fatwa.kehidupan

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s