Nubuwwah dan Kenabian

Assallamu’allaikum mass-miss sadayana

Masshar2000.com – Pada kesempatan ini , kita akan membahas tentang nubuwwah atau nubuah . Dalam agama lain misalnya kristen dikenal dengan istilah nubuat . Jadi bukan hanya di islam saja yang mengenal nubuah .

Apa itu nubuah ?

Kata an-Nubuwwah (النبوة) adalah derivasi dari kata an-Nabwah (النبوة) yang berarti ar-Rif’ah (الرفعة); keluhuran dan ketinggian derajat. An-Nubuwwah (النبوة) juga bisa diambil dari kata an-Naba’ (النبأ) yang berarti al Khabar (الخبـر) ; berita, jadi an-Nabiyy (النبي) yang berwazan Fa’iil (فعيل) berarti Faa’il (فاعل) yakni bahwa Nabi adalah pembawa berita dari Allah dengan perantara malaikat.

Kenabian hanya berlaku pada manusia saja, dan tidak berlaku di kalangan para malaikat dan Jin. Jadi tidak ada nabi dari kalangan malaikat maupun jin. Sedangkan kerasulan tidak hanya berlaku di kalangan manusia, di kalangan para malaikat juga ada rasul.

Allah ta’ala berfirman:

) الله يصطفي من الملائكة رسلا ومن الناس ( (سورة الحج : 75)
Maknanya: ”Allah memilih utusan-utusan-Nya dari malaikat dan dari manusia” (Q.S. al Hajj : 75)

Perbedaan antara Nabi dan Rasul Rasul dari kalangan manusia adalah nabi yang menerima wahyu berisi suatu syari'at yang mengandung hukum baru, yang belum pernah ada pada syari'at rasul sebelumnya. Rasul adalah seperti Nabi Muhammad, Nabi Musa dan Nabi Isa, masing-masing dari mereka adalah rasul karena diturunkan kepada mereka hukum yang baru.

Sebagai contoh misalnya dalam kasus pembunuhan yang disengaja, hukum yang diturunkan kepada Nabi Musa adalah bahwa pembunuh harus dibunuh tanpa ada pilihan lain. Pada syari'at Nabi Isa, diturunkan hukum baru, yaitu harus diampuni dengan konsekwensi sang pembunuh membayar diyat (denda), tanpa ada pilihan lain. Sedangkan dalam syari'at Nabi Muhammad, ada tiga alternatif hukuman bagi pembunuh. Dibunuh (Qishash) atau jika keluarga terbunuh berkehendak mereka bisa memaafkan pembunuh dengan Cuma-Cuma atau dengan tuntutan membayar diyat kepada pembunuh.

Contoh lain sholat yang diwajibkan atas ummat-ummat sebelum ummat Muhammad, dalam syari'at mereka sholat hanya sah jika dikerjakan di tempat yang khusus dibangun untuk tempat ibadah. Sedangkan dalam syari'at yang Allah turunkan kepada nabi Muhammad bumi seluruhnya dijadikan masjid; artinya sholat sah dilakukan di tempat yang khusus dibangun untuk itu dan di tempat-tempat lainnya; di rumah, di kantor, di toko dan lain sebagainya.

Sedangkan Nabi yang bukan rasul adalah seseorang yang menerima wahyu berisi perintah untuk mengikuti syari'at rasul sebelumnya dan diperintahkan untuk menyampaikan wahyu dan syari'at tersebut. Ia tidak menerima syari'at baru. Jadi setiap rasul pasti adalah seorang nabi, tetapi tidak setiap nabi adalah rasul.

Bagaimana Derajat Kenabian Diperoleh

Kenabian bukanlah sesuatu yang muktasab , diperoleh dengan usaha, upaya dan jerih payah seseorang. Kenabian sama sekali tidak terkait dengan upaya seorang nabi seperti ditegaskan dalam al Qur'an:

) يؤتي الحكمة من يشآء ( (سورة البقرة: 269)
Makanya: “Allah menganugerahkan al Hikmah kepada siapa yang Dia kehendaki”. (Q.S. al Baqarah : 269)

Al Hikmah dalam ayat ini berarti an-Nubuwwah wa ar-Risaalah; kenabian dan kerasulan. Jadi kenabian dan kerasulan tidak diperoleh dengan beramal dan bersungguh-sungguh dalam beribadah dan memperindah akhlak, melainkan diperoleh dengan pemilihan dari Allah dan anugerah-Nya atau dengan kata lain ditunjuk langsung oleh Allah.

Kepribadian Seorang Nabi dan Rasul Seorang Nabi dan Rasul pasti lebih sempurna dari ummatnya dalam sisi kecerdasan, keutamaan, pengetahuan, kesalehan, bersih dari dosa dan maksiat, keberanian, kedermawanan dan kezuhudan.

Allah ta'ala berfirman:

) إن الله اصطفى ءادم ونوحا وءال إبراهيم وءال عمران على العالمين ( (سورة ءال عمران : 33)
Maknanya: ” Sesungguhnya Allah telah memilih Adam, Nuh, keluarga Ibrahim dan keluarga ‘Imran melebihi segala ummat” (Q.S. Aal ‘Imraan : 33)

Allah ta’ala juga berfirman:
] ولقد اخترناهم على علم على العالمين [ ( سورة الدخان : 32 )
Maknanya: “Dan sesungguhnya telah kami pilih mereka dengan pengetahuan kami atas bangsa-bangsa seluruhnya” (Q.S. ad-Dukhaan : 32)

Seorang nabi dan rasul pasti seorang laki-laki dan tidak ada satupun nabi dari kalangan perempuan.

Mukjizat Para Nabi

Jalan untuk mengetahui bahwa seseorang adalah nabi atau bukan adalah dengan mukjizat (المعجزة). Secara bahasa mukjizat diambil dari kata al 'Ajz (العجز); lemah dan ketidakmampuan. Dan yang dimaksud adalah sesuatu yang menampakkan lemahnya makhluk untuk menentang dan menandinginya.
Definisi mukjizat adalah perkara ilahi yang menyalahi kebiasaan umum di dar at-Taklif untuk menampakkan kebenaran orang yang mengaku sebagai nabi, disertai dengan ketidakmampuan orang yang menentangnya untuk menandingi dengan perkara serupa.

Mukjizat dikatakan menunjukkan kebenaran seorang nabi ketika mengaku sebagai nabi bahwa seorang nabi ketika mengatakan: kebenaran pengakuanku bahwa Allah mengutusku menjadi nabi adalah…, jadi munculnya mukjizat di tangannya bagaikan pernyataan pembenaran dari Allah: hamba-Ku jujur dan benar dalam segala hal yang ia sampaikan dari-Ku.

Dibeberapa kisah , banyak orang yang mengaku nabi karena mempunyai beberapa kelebihan seperti sihir misalnya yang diakuinya sebagai mukjizat untuk mendapatkan pengakuan dan mendapatkan pengikut dengan tujuan tertentu .

Dan yang perlu di garis bawahi adalah sepeninggal nabi Muhammad saw , tidak akan pernah ada lagi nabi apalagi rosul karena nabi Muhammad adalah nabi dan rosul terakhir yang membawa ajaran penyempurnaan dari rosul sebelumnya . Jadi jika di jaman sekarang ada orang yang mengaku nabi pastilah dia nabi palsu yang membawa ajaran sesat .

Semoga bermanfaat ,
Wassallamu’allaikum…

Ngobrol disini !

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s