PUASA ARAFAH – puasa menjelang idul adha

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

Beberapa hari lagi kita sebagai umat muslim akan kembali menemui ” hari besar ” kita.
Adapun sebelum menemui hari besar umat muslim dianjurkan untuk berpuasa…puasa ramadhan sebelum idul fitri /lebaran…dan salah satu lagi yaitu puasa arofah…atau puasa menjelang idul adha.
Puasa sebelum Idul Adha atau sering disebut dengan puasa Arofah merupakan puasa sunat yang dianjurkan oleh Baginda Nabi Saw. Selain mereka yang berangkat menunaikan ibadah haji ke tanah suci, umat muslim
yang tak menunaikan rukun Islam ke Mekkah pun sebaiknya melaksanakan anjuran Rasulullah tersebut.
Puasa sebelum Idul Adha disunatkan dilakukan pada
tanggal 8 dan 9 Zulhijah, yaitu satu atau dua hari menjelang wukuf di Padang Arofah pada tanggal 10
Zulhijah.
Puasa sebelum idul adha adalah ibadah yang sangat dianjukan oleh Rasulullah Saw. Bagi kaum muslimin puasa satu hari sebelum lebaran haji ini, hukumnya sunnah muakkad (sangat ditekankan). Artinya, meskipun puasa sebelum hari raya qurban ini bersifat
sunnah, namun demikian sangat-sangat dianjurkan dan diutamakan untuk dilaksanakan.
Bagi mereka yang menunaikan ibadah puasa Arafah akan didoakan Nabi Muhammad Saw agar Allah menghapus dosa-dosanya selama dua tahun, yakni;
satu tahun sebelum dan satu tahun sesudah. Hal ini berdasarkan hadits Nabi Saw yang artinya: Puasa satu hari Arafah, aku berharap kepada Allah, Dia akan
menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya dan satu.tahun setelahnya. Puasa hari ‘Asyura’ (tanggal 10 Muharram), aku berharap kepada Allah, Dia akan
menghapuskan (dosa) satu tahun sebelumnya.” (HR. Muslim ).
Dari Abu Qatadah Radhiyallahu ‘anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa ‘ala alihi wasallam pernah ditanya tentang puasa pada hari ‘Arafah, beliau
bersabda: “Ia (Puasa ‘Arafah itu) menggugurkan dosa-dosa satu tahun sebelumnya dan setelahnya.” (HR.Muslim )
Tidak makan dan tidak minum juga dilakukan Rasulullah Saw sebelum melaksanakan sholat Idul Adha
di lapangan. Ini adalah kebiasaan Nabi Saw seperti yang tertuang dalam hadits berikut:
Jika sebelum berangkat shalat Idul Fitri Rasulullah SAW makan dahulu maka sebelum shalat Idul Adha, Rasul tidak sarapan dan beliau baru makan sepulang melaksanakan shalat (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah, Ahmad).
Tentunya massbro sudah tahu semua kalau puasa sunah itu pahalanya juga besar apalagi yang sangat-sangat dianjurkan seperti puasa arofah ini.

Namun ada juga yang diharamkan untuk puasa lho…massbro mesti tahu…biarpun puasa sunah itu dianjurkan , namun jangan lupa harus sesuai syar’i…yaitu mengikuti beberapa ketentuan yg ditelah ditetapkan agama…misalnya masalah pelaksanaan puasa itu sendiri.
Waktu haram puasa adalah waktu di mana umat Islam dilarang berpuasa .
Hikmahnya adalah ketika semua orang bergembira, seseorang itu perlu turut bersama merayakannya.

image

Adapun puasa yang tidak dianjurkan bahkan dilarang yaitu :

1.puasa pada hari idul fitri.
Tanggal 1 Syawwal telah ditetapkan sebagai hari raya sakral umat Islam.
Hari itu adalah hari kemenangan yang harus dirayakan dengan
bergembira. Karena itu syariat telah mengatur bahwa di hari itu tidak diperkenankan seseorang untuk berpuasa sampai pada tingkat haram. Meski tidak ada yang bisa dimakan, paling tidak harus membatalkan puasanya atau tidak berniat untuk puasa.
ﻧَﻬَﻰ ﺭَﺳُﻮﻝُ ﺍﻟﻠﻪِ ﺻَﻠﻰَّ ﺍﻟﻠﻪُ ﻋَﻠَﻴْﻪِ ﻭَﺳَﻠَّﻢَ ﻋَﻦْ ﺻِﻴَﺎﻡِ ﻳَﻮْﻣَﻴْﻦِ : ﻳَﻮْﻡَ
ﺍﻟﻔِﻄْﺮِ ﻭَﻳَﻮْﻡَ ﺍﻷَﺿْﺤَﻰ – ﻣﺘﻔﻖ ﻋﻠﻴﻪ
Rasulullah SAW melarang berpuasa pada dua hari:
hari Fithr dan hari Adha. (HR Muttafaq ‘alaihi)

2.puasa pada hari idul adha.

image

Hal yang sama juga pada tanggal 10 Zulhijjah sebagai Hari Raya kedua bagi umat Islam. Hari itu
diharamkan untuk berpuasa dan umat Islam disunnahkan untuk menyembelih hewan Qurban dan
membagikannya kepada fakir msikin dan kerabat serta keluarga. Agar semuanya bisa ikut merasakan kegembiraan dengan menyantap hewan qurban itu
dan merayakan hari besar.

3.hari tasyrik.
Hari tasyrik adalah tanggal 11, 12 dan 13 bulan Zulhijjah ( 3 hari setelah idul adha ).
Pada tiga hari itu umat Islam masih dalam suasana perayaan hari Raya Idul Adha sehingga
masih diharamkan untuk berpuasa. Namun sebagian ulama mengatakan bahwa hukumnya makruh, bukan haram. Apalagi mengingat masih ada kemungkinan orang yang tidak mampu membayar dam haji untuk puasa 3 hari selama dalam ibadah
haji.
ﺇِﻧَّﻬَﺎ ﺃَﻳَّﺎﻡُ ﺃَﻛْﻞٍ ﻭَﺷُﺮْﺏ ﻭَﺫِﻛْﺮِ ﺍﻟﻠﻪِ ﺗَﻌَﺎﻟﻰ – ﺭﻭﺍﻩ ﻣﺴﻠﻢ
Sesungguhnya hari itu (tasyrik) adalah hari makan, minum dan zikrullah (HR Muslim).

4.puasa sehari saja pada hari jum’at.
Puasa ini haram hukumnya bila tanpa didahului dengan hari sebelum atau sesudahnya. Kecuali ada kaitannya dengan puasa sunnah lainnya seperti puasa sunah nabi Daud, yaitu sehari berpuasa dan sehari tidak. Maka bila jatuh hari Jum’at giliran untuk
puasa, boleh berpuasa. Sebagian ulama tidak sampai mengharamkannya secara mutlak, namun hanya sampai makruh saja.

5.Puasa pada hari syak.
Hari syah adalah tanggal 30 Sya‘ban bila orang- orang ragu tentang awal bulan Ramadhan karena hilal (bulan) tidak terlihat. Saat itu tidak ada kejelasan apakah sudah masuk bulan Ramadhan atau belum.
Ketidak-jelasan ini disebut syak. Dan secara syar‘i umat Islam dilarang berpuasa pada hari itu.
Namun ada juga yang berpendapat tidak mengharamkan tapi hanya memakruhkannya saja.

6.Puasa selamanya.
Diharamkan bagi seseorang untuk berpuasa terus setiap hari. Meski dia sanggup untuk.mengerjakannya karena memang tubuhnya kuat.
Tetapi secara syar‘i puasa seperti itu dilarang oleh Islam. Bagi mereka yang ingin banyak puasa, Rasulullah SAW menyarankan untuk berpuasa seperti puasa Nabi
Daud as yaitu sehari puasa dan sehari berbuka.

7.wanita haidh atau nifas.
Wanita yang sedang mengalami haidh atau nifas diharamkan mengerjakan puasa. Karena kondisi tubuhnya sedang dalam keadaan tidak suci dari hadats besar.
Apabila tetap melakukan puasa, maka berdosa hukumnya. Bukan berarti mereka boleh bebas makan dan minum sepuasnya. Tetapi harus menjaga kehormatan bulan Ramadhan dan kewajiban menggantinya di hari lain.

8.puasa sunah bagi wanita tanpa izin suaminya.
Seorang isteri bila akan mengerjakan puasa sunnah,
maka harus meminta izin terlebih dahulu kepada suaminya. Bila mendapatkan izin, maka boleh lah dia berpuasa. Sedangkan bila tidak diizinkan tetapi tetap puasa, maka puasanya haram secara syar‘i.
Dalam kondisi itu suami berhak untuk memaksanya berbuka puasa. Kecuali bila telah mengetahui bahwa suaminya dalam kondisi tidak ” membutuhkannya “.
Misalnya ketika suami bepergian atau dalam keadaan ihram haji atau umrah atau sedang beri‘tikaf. Sabda Rasulullah SAW : ”  Tidak halal bagi wanita untuk berpuasa tanpa izin suaminya sedangkan suaminya ada dihadapannya “. Karena hak suami itu wajib
ditunaikan dan merupakan fardhu bagi isteri, sedangkan puasa itu hukumnya sunnah.

Selain pada hari-hari itu ada kondisi itu ada lagi yaitu bahwa umat islam tidak dianjurkan puasa saat ada kerabat yang melangsungkan syukuran atau pernikahan.
Hukum puasa pada hari ini bukan haram tapi makruh…karena Allah tidak menyukai seorang hambanya yang hanya memikirkan akhirat saja , sementara kehidupan sosialnya ditinggalkan.
Kwajiban tidak boleh ditinggalkan untuk mengejar yang sunnah.

Pada dasarnya setiap muslim menginginkan kebahagiaan dunia dan akhirat…seperti doa ini :

“Rabbana atina fiddunya hasanah wa fil akhiroti hasanah waqina ‘adzabannar”
(“Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan
kebaikan di akhirat dan peliharalah kami dari siksa neraka”.) QS. Al Baqoroh 201.

Doa diatas adalah doanya orang muslim atau sebaik-baiknya doa…cukup simpel tapi mempunyai arti secara menyeluruh…. atau biasa disebut juga sebagai doa sapu jagad.

Nah mass bro n’ miss bro jangan lupa puasa ya…..

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

Iklan

IKLAN MOTOR – mana yang terbaik..???

Assallamu’allaikum mass n’ miss semua-mua.

image

‘gak ahh…

image

Hi bro…alias hai massbro…ketemu lagi dgn blog jadul ini ( seperti yg nunggu warung )…
Kali ini kita akan flashback ke masa lalu tentang iklan motor…barangkali massbro belum lahir atau masih belia…nah kita lihat-lihat yuk iklan motor jaman dulu…

Honda ( singkatannya lupa )…dulu deh…

image

image

image

image

image

sekarang yang yangmaha  yamaha ( Yang hangat-hangat mesra )… deh…yuk plototin …

image

image

nah sekarang suzuki ( Sungguh-sungguh laki-laki )…..

image

image

nah sebagai penutup tentunya yang paling klasik…yupz…TITIK PESPA  VESPA…sang legend..yang ini bener-bener jadoel abis dah…pasti pada belum lahir nih..

image

image

image

masih kurang jadoel…nyoh….gak bohong dah…kalender jadi saksi bisu..

image

Hehehe…gimana massbro…iklan ini pastinya lucu kalau dilihat sekarang sama kita-kita….tapi tidak demikian waktu itu…( kali’ )…hampir semua atau rata-rata iklan diisi oleh model cantik atau tampan ( waktu itu )…dan kadang nemplok di penanggalan atau kalender..yg sudah susah kita temui jaman sekarang…kalaupun ada pasti satu dua atau gambarnya bukan iklan tapi motoGP….
coba bandingin dengan iklan jaman sekarang yg memakai jasa juara dunia balap motoGP..

image

image

kira-kira yang mengena di konsumen mana ya…???
atau coba lihat iklan motor malaysia ini :

image

image

perhatikan kalimatnya …lucu ya buat kita-kita yg diindonesia…ada BELANG R…kalau ada yg nanya ” mass belangmu dimana ? “…kan lucu..” di hidung “..lelaki hidung belang maksud loe…hahaha…
oke..oke gak usah sewot gitu dong

image

oke…oke…udah adem kog….
kl yang ini sih …yakin bukan iklan..

image

bye…bye….
Mari BerHonda….‘ gak ahh..Lebih baik naik VESPA…

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

VESPA – sejarah sang legenda

Assallamu’allaikum mass n ‘ miss semua-mua.

image

Barangkali massbro disini  ada yang punya motor antik dan lucu ini…kog antik dan lucu…
iya…antik kan body nya dari besi semua..lucunya..bentuknya kayak ndog ( telur asin : yg warna biru ).
Saya sendiri sempet ngidam mau beli motor antik ini…dan berhubung sekarang sudah jamannya matic..yo wis lah tuku matic wae…
Karena apa…yg jelas susah dapetin dan lumayan mahal kalau kondisi bagus.Motor ini tergolong langka di daerah saya…dari 1000 penduduk di daerah saya , mungkin hanya satu dua yang punya…dan tentunya karena hobbi…nah tau sendiri kan kalau pe hobbi itu pasti gak mau yang standart.
Seperti salah satu temen masshar yg punya vespa…selalu saja ada yg dimodif…bagi pe hobby, tentunya gak masalah soal harga…karena rata-rata orang-orang model gini berkantong tebal…dan kata dia dan juga komunitas vespa…vespa itu bukan motor…vespa ya vespa…woooo…ngono to broo…
dan ternyata kata dia vespa selalu bernopol depan ” 6 “..kalau bukan ” 6 ” berarti palsu….wooo lagi…kata guwe…
Mass bro pastinya pernah atau bahkan sering menemui konvoi vespa yg aneh-aneh kan …hayo…yg ngomong belum kayaknya perlu di iket di lampu merah nih…..
Kadang kita dibuat jengkel dengan komunitas ini…gimana enggak…dulu waktu masih di ibukota ..masshar sering dibuat kesel dengan salah satu vespa yang stangnya di bikin lebar selebar mobil..udah gitu keluarnya pass pagi jamnya orang- orang masuk kerja…udah panjang , lebar..jalannya pelan lagi…behh…apagi kalau mau nikung balik…mesti turun dan dituntun…weleh-weleh…bikin macet aja..

Sejarah vespa di Indonesia

Vespa masuk ke Indonesia pada tahun 1960 melalui ATPM (Agen Tunggal Pemegang Merk) PT Danmotors Vespa Indonesia/DVI di Pulo Gadung Jakarta , yang sekarang sudah tidak aktif lagi
(sekarang dipegang oleh PT Sentra Kreasi Niaga/ SKN sebagai dealer utama saja. Note: Bukan importir atau distributor eksklusif).
Vespa saat itu mempunyai prestise yang sangat tinggi, terbukti dengan harga vespa saat itu setara dengan harga sebuah rumah tipe standar. Seiring dengan penetrasi Honda ke pasar dunia yang turut menggoyahkan berbagai merk motor, Indonesia
ternyata tidak luput dari fenomena tersebut.
Vespa menjadi salah satu merk sepeda motor yang ‘tergusur’ oleh motor Jepang, meski pada awalnya harga vespa Sprint saat itu bahkan sedikit lebih mahal daripada motor Honda CB 200 Twin Cakram yang saat itu merupakan motor Honda paling mahal.
Ada banyak kajian mengapa vespa kesulitan menggenjot kuantitasnya di Indonesia baik sejak awal hingga hari ini.
Sebenarnya segmentasi pasar Vespa tidak terlalu diperuntukkan bagi kalangan menengah ke atas (bisa dilihat pada daftar harga ) karena ada beberapa tipe.motor merk lain yang jauh lebih mahal sehingga masalah harga bukan merupakan alasan.

image

Mungkin lebih karena bentuk vespa yang khas rupanya hanya disukai orang- orang tertentu saja.
Prestise vespa juga turun karena ada
perusahaan farmasi yang memakai vespa sebagai kendaraan operasionalnya yang mengakibatkan konsumen enggan memakai vespa karena tidak mau dikira penjual obat.
sama kayak kasusnya suzuki carry..yang buat angkot.
Vespa bersama sebagian besar motor klasik lainnya sedunia tergeser oleh motor Jepang yang lebih irit, praktis, dan murah sementara vespa tidak menawarkan perubahan teknologi dan model yang cukup berarti.
Kondisi sebagian besar vespa di Indonesia saat ini banyak yang tidak terawat.
Jika kita melihat ada sepeda motor dituntun di jalan karena mogok, hampir selalu dipastikan itu adalah vespa….upss…sorry keceplosan…
Otomatis persepsi kualitas vespa dipandang masyarakat semakin rendah, tidak peduli seberapa mahal harganya.
Survei MarkPlus Professional Services bersama SWA di 5 kota besar di Indonesia menunjukkan bahwa
persepsi kualitas Vespa berada di bawah Honda dan Yamaha.

Variant vespa pertama kali

1.Vespa Kongo

image

pVespa Kongo adalah vespa penghargaan dari pemerintah Indonesia kepada kontingen Pasukan Penjaga Perdamaian Indonesia yang bertugas di
Kongo saat itu.
Pasukan bernama Kontingen Garuda (disingkat KONGA atau Pasukan Garuda),  yang turut diperhitungkan di dunia dibandingkan pasukan perdamaian negara lain itu adalah pasukan Tentara Nasional Indonesia yang ditugaskan sebagai pasukan perdamaian di negara lain.
Indonesia mulai turut serta mengirim pasukannya sebagai bagian dari pasukan penjaga perdamaian
PBB sejak 1957 . Awalnya, saat Indonesia merdeka pada tanggal 17 Agustus 1945 , Mesir langsung mengadakan sidang menteri luar negeri negara- negara Liga Arab dan merupakan negara pertama
yang mengakui kedaulatan Indonesia dengan datang langsung ke Ibu Kota RI waktu itu yaitu Yogyakarta .
Untuk membalas budi Mesir dan Liga
Arab, Presiden Sukarno membalas pembelaan negara-negara Arab di forum internasional dengan mengunjungi Mesir dan Arab Saudi pada 1956 dan Irak pada April 1960.
Pada 1956 itu, ketika Majelis Umum PBB memutuskan menarik mundur pasukan Inggris , Prancis dan Israel dari wilayah Mesir, Indonesia mendukung keputusan itu dan untuk pertama kalinya mengirim Pasukan Pemelihara Perdamaian PBB ke Mesir yang dinamakan dengan Kontingen
Garuda I atau KONGA I .
KONGA II dikirim ke Kongo pada 1960 dari September 1960 hingga Mei 1961.
KONGA III dikirim ke Kongo pada 1962 , , bertugas hingga akhir 1963.
Menpangad Letjen TNI Ahmad Yani pernah berkunjung ke Markas Pasukan PBB di Kongo (ketika itu bernama Zaire) pada tanggal 19 Mei 1963.
Setelah menyelesaikan tugas perdamaian yang berat, Pasukan Garuda menerima tanda penghargaan dari Pemerintah Republik Indonesia
berupa Vespa (sumber lain mengatakan ada juga penghargaan berbentuk uang dan beberapa peti
jarum jahit).
Di pasaran diketahui adanya vespa Kongo tahun 1963 untuk kontingen 2 dan 3.
Kurang diketahui apakah kontingen 1 juga mendapatkannya, karena.informasi semacam ini tidak mudah didapat.
Yang menarik dan tidak diketahui banyak orang, pemberian vespa tersebut tidak terlepas dari tradisi
dalam dunia kemiliteran dalam hal kepangkatan.

image

Vespa berwarna hijau 150cc ditujukan bagi tentara yang lebih tinggi tingkat kepangkatannya, disusul vespa berwarna kuning dan biru 125cc untuk tingkat kepangkatan yang lebih rendah.
Selain itu guna membedakan vespa tersebut dari vespa lain yang satu tipe, disematkan tanda nomor prajurit yang bersangkutan pada sisi sebelah kiri
handlebar (stang) yang berbentuk oval terbuat dari bahan kuningan serta sebuah piagam penghargaan yang menyertainya. Maka berseliweranlah vespa- vespa tersebut di jalan-jalan sehingga vespa dengan pantat bulat tersebut dikenal sebagian masyarakat
sebagai vespa Kongo, sementara sebagian lain justru menyamaratakan dengan nama vespa ndog (telur) karena bagian samping kanan kirinya bulat
mirip telur.
Vespa Kongo tidak diproduksi di Italia melainkan di Jerman. Dengan berbahan baku plat baja yang lebih keras daripada Vespa bulat umumnya, vespa ini memiliki tingkat kelengkapan yang lebih daripada vespa buatan Italia yang umum beredar di Indonesia
Ciri khas vespa kongo:
1. Spakboard bulat tidak ada sambungannya seperti vespa umumnya.
2. Ring (pelek/teromol) 10 inchi.
3. Punya tonjolan seperti tombol/saklar di sambungan koplingnya (posisi setang sebelah kiri).
4. Spidometer kotak & agak besar (berbeda dengan spidometer VNA/VNB).
5. Ada lambang garuda di body depan sebelah kiri (sekarang jarang yang ada).
6. Di atas spidometer ada lampu kecil seperti lampu cabe.
7. Nomor mesin diawali dengan kode VGLB.
8. Pada BPKB tercantum tulisan ex Brigade Garuda III.

2.Vespa PX

image

Vespa PX salah satu legenda skuter dari pabrikan Piaggio Italia.
Piaggio pertama kali memproduksi
Vespa PX tahun 1975 dengan varian 125 cc , 150 cc, dan 200 cc bermesin 2 tak transmisi manual. Masa produksi PX berlangsung hingga 33 tahun, dihentikan tahun 2008 karena dianggap tidak memenuhi standar emisi gas buang.

3.Vespa Sprint

image

Vespa Sprint dibuat oleh Vespa dari tahun 1965 – 1979.
Datang dalam dua versi. Yang pertama kali keluar dinamai Vespa Sprint, dibuat hingga tahun 1974. Model selanjutnya dinamakan Vespa Sprint Veloce, dibuat tahun 1969 hingga 1979, jadi keduanya pernah keluar bersamaan dari tahun 1969 hingga 1974.
Update terbesar Sprint Veloce adalah pada mesinnya. Desainnya diubah dari desain lamanya yang 2 port dengan tambahan transfer port ketiga pada puncak akhirnya.
Vespa sprint mempunyai penampilan awal yang hampir menyerupai Vespa Grand Lux dan beberapa pendapat mengatakan bahwa vespa sprint
merupakan spec-drop dari Vespa GL.

4.Vespa 150 Sprint Veloce

image

Diproduksi antara tahun 1969 hingga 1979 mesin Vespa Sprint 150 Veloce dirancang lebih dahsyat ketimbang Vespa 150 Sprint. Dimana salah satunya adalah dengan ditanamkannya karburator berukuran 20/20 dan saringan karburator yang diperbesar.
Perubahan lainnya adalah pada knalpot yg lebih besar sehingga menghasilkan suara berbeda dari serie sebelumnya. Dengan top speed mesin mencapai 97km/jam, ukuran body Vespa 150 Sprint Veloce sama dengan Vespa 150 Sprint.
Spint Veloce memiliki model baru dalam bentuk lampu depan yang membulat dengan lingkaran 130mm dan dilindungi oleh ring lampu beraksen krum.
Terdapat lampu kecil yang tersambung dengan lampu depan, berwarna hijau dikelilingi oleh ring alumunium di
stang bagian atas speedometer.

Berikut perbandingan spek dari vespa sprint dan sprint veloce :

VESPA SPRINT
* Produksi: 1965-1974
* Engine: single cylinder, 2- stroke
* Cylinder bore : 57,0 mm
* Piston stroke: 57,0 mm cubic
* Cubic Capacity : 145.45 cc
* Bhp at rpm: 2/4800
* Lubrication : 2%
* Carburator : Dell’Orto SHB 16/10
* gears : 4
* chassis : one- piece metal pressing
* Tank Capacity : 7,7litres
* mileage : 2,1l/100Km (112mpg)
* tires: 3.5 x 10″
* weight: 89 kg (172lbs)
* max. speed : 94 km/h (57mph)
* Engine scheme : VLB1M
* VIN scheme : VLB1T 1001-1205477

sedangkan,
VESPA SPRINT VELOCE
* Produksi: 1969-1979
* engine: single cylinder, 2- stroke
* cylinder bore : 57 mm
* piston stroke: 57 mm
* cubic capacity : 145.45 cc
* bhp at rpm : 8/5000
* lubrication: 2%
* carburetor : Dell’Orto SI 20/20
* gears: 4
* chassis : one- piece metal pressing
* Tank Capacity : 7,7litres
* mileage : 2,08l/100Km (113mpg)
* tires: 2.75 x 9″
* weight: 89 kg (178lbs)
* max. speed : 97km/h (59mph)
* VIN scheme : VLB1T 150001- 368119

Vespa sprint mempunyai daya angkut tinggi yang diselaraskan dengan kecepatannya dan menjadi primadona produk Vespa di era 1970an dengan harga terjangkau dibandingkan dengan seri-seri khusus lainnya pada masa itu.
berikut galeri modifikasi vespa :

image

image

image

image

image

image

keren kan….

Nah…mass bro…adakah yang memiliki salah satu variant diatas…menurut saya bagusnya sih jangan dijual…dirawat saja…sekarang aja udah antik…apalagi beberapa tahun mendatang..hmmmm…pastinya akan banyak diburu kolektor…
Dan jika permintaan semakin banyak tentunya harga akan melambung tinggi…bisa jadi seharga mobil lho…
pertanyaannya : pernahkah massbro lihat vespa ditilang…jujur masshar belum pernah lihat…apalagi yg udah kaya odong-odong itu…

image

kata mbak nya :

image

kata nenek : ai juga pake’

image

salamjadoeltapigaoel…

library : motorlama.com

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

TORAKUSU YAMAHA – pendiri yamaha

Assallamu’allaikum mass n’ miss semua-mua.

image

Banyak tokoh di dunia ini yang menjadi idola atau inspirasi dari banyak orang…tentunya sang tokoh ini adalah seseorang yg sukses di bidangnya…setelah dahulu masshar menulis tentang soichiro honda – pendiri honda..yang tulisannya bisa massbro baca disini :
https://masshar2000.wordpress.com/2013/03/06/kiat-sukses-soichiro-honda-pendiri-honda/
Kali ini giliran nipponesse yang tidak kalah ngetop, yaitu Torakusu Yamaha– pendiri yamaha.
Torakusu Yamaha adalah tokoh populer dalam dunia bisnis dan koorporasi internasional asal
Jepang … namanya disejajarkan dengan Konosuke Matsushita – Pendiri Panasonic ( matsushita gobel kl di indonesia ).. Sakichi Toyoda (Pendiri Toyota) , Yataro Iwasaki (Pendiri Mitsubishi) , Akio Morita – Pendiri Sony  dan juga soichiro honda (pendiri honda ) tentunya.
Dia adalah pendiri Yamaha Coorporation, raksasa sepeda motor asal Jepang yang brand terkenal dalam dunia otomotif dan industri music.

image

Torakusu Yamaha Lahir 20 April 1851 dan meninggal pada usia 65 tahun tepatnya 8 Agustus 1916.
Sejak muda Torakusu Yamaha telah berkecimpung dalam dunia ilmu
pengetahuan terutama bidang astronomi, mekanika dan teknik.
Ia berguru pada ahli asal Inggris yang
memberinya peluang untuk magang di sekolah kedokteran Jepang di Kota Nagasaki. Disini Yamaha bekerja sebagai mekanik peralatan kedokteran.

Suatu hari Yamaha diminta sekolah tersebut memperbaiki alat music organ. Ia merampungkan pekerjaannya dengan sempurna, dan pekerjaan
tersebut mengilhaminya mendirikan perusahaan alat music terutama organ. Cita-citanya terealisasi tahun 1887 dengan keberhasilannya mendirikan
Yamaha Manufacturing Company, produsen pertama dari alat-alat musik Barat di Jepang.
Pada 1889, perusahaan itu mempekerjakan 100 orang dan
menghasilkan 250 organ setiap tahun.Tahun 1899, Kementrian pendidikan Jepang mengirim Yamaha ke Amerika Serikat untuk belajar membuat piano.
Setelah itu, Perusahaan Nippon Gakki (tempat Yamaha bernaung) mulai membuat piano tahun 1900 dan menghasilkan piano pertama pada tahun 1902 dengan desain, bahan dan arsitektur yang lebih modern.
Piano buatan Yamaha kemudian mendapat penghargaan pada pameran World’s Fair di tahun 1904 Di St Louis sebagai piano dengan desain terbaik.
Selain Piano, Yamaha juga terampil
membuat harmonica. Yamaha memperkenalkan harmonika pertama dan mulai mengekspor harmonica di seluruh dunia. Dan sampai kini pun Yamaha terus memperluas ke bidang music seperti gitar acoustic , gitar listrik ,drum, akordion dan hampir semua alat musik modern yamaha punya…bahkan juga sound system.

image

image

image

image

ada juga produk lain:

image

Sejarah berdirinya Yamaha Motor Company

Nama besar Yamaha tidak bisa dilepaskan dari penggagas sekaligus pendiri Yamaha Motor Corporation
di Jepang yaitu Genichi Kawakami. Lahir di Hamakita, sebuah kota yang dekat dengan Hamamatsu, 30 Januari
1912. Prestasi tertingginya adalah menjadi presiden Nippon Gakki pada usia 38 tahun.
Nippon Gakki inilah cikal bakal berdirinya Yamaha Motor Corporation.
Sulitnya kondisi di Jepang pada saat Genichi menjadi Presiden, menjadi tantangan terberat untuknya.
Selama Perang Dunia II mungkin karena tuntutan pemerintah , Nippon Gakki Coorporation memproduksi baling-baling untuk pesawat-pesawat
tempur, tangki bahan bakar, bagian sayap pesawat, hingga akhirnya tidak memproduksi lagi peralatan music. Baru setelah perang dunia berakhir yaitu pada tahun 1948 indutri peralatan music kembali bergairah. Sampai pada tahun 1950-an, Yamaha menjadi produsen terbesar alat music piano, komponen audio, dan record player.
Yamaha terus berkembang dalam dunia otomotif memproduksi sepeda motor dengan prototype Yamaha YA-1 yang selesai bulan Agustus 1954.
Nama ini diambil untuk menghormati pendiri Yamaha.

image

Sepeda motor dua tak 125cc single silinder ini didukung oleh air cooled,  Prototipe ini diuji menempuh jarak 10.000 km, yang belum pernah terjadi sebelumnya. Keberhasilan YA-1 menyebabkan berdirinya Yamaha Motor Co, Ltd tanggal 1 Juli 1955 dengan memproduksi 200 unit per bulan. Pada tahun yang sama, di YA-1 memenangkan kelas 125cc di dua acara balapan terbesar di Jepang.
Tahun 1956, Yamaha memproduksi motor YC1 dengan isi silinder 175cc. Disusul tahun 1957, memproduksi motor bermesin 250 cc, dua-stroke
kembar, dengan tipe YD1.
Tahun 1958, Yamaha menjadi perusahaan sepeda motor Jepang pertama yang berpartisipasi di arena balap internasional, dan memenangkan 6 podum di Grand Prix di Amerika Serikat.
Pada Bulan Oktober 1987, pada ulang tahun ke 100, Yamaha mengubah nama perusahaan menjadi The Yamaha Corporation.  Yamaha telah menjadi produsen terbesar di dunia alat musik, termasuk piano, drum, gitar, biola dan lain-lain.
Hingga kini Perusahaan lain dalam grup Yamaha meliputi: Yamaha Motor Company, Yamaha Bike Technologies Co, Ltd, Livingtec Yamaha Corporation, Metanix Yamaha Corporation, Yamaha
Pro Audio.
Jadi yang wajib massbro tahu bahwa yamaha motor company hanyalah anak perusahaan dari yamaha itu sendiri…jadi wajar jika pemasukan yamaha terbesar ya dari jualan alat musik itu sendiri…dan juga motor tentunya.
Mungkin karena itulah yamaha motor masih kalah ngetop dgn honda…lha wong honda memang terjun bebas di dunia otomotiv…
Kalau yamaha motor cuman anak cabang dari yamaha music…kenapa motor yamaha lebih terkenal di masyarakat dibanding alat musik yamaha..???
Ya pastinya lebih terkenal motornya…lha wong motornya bersliweran di jalan …lha kalau alat musik yamaha kan cuman diam dirumah saja….hehehe…becanda lo ndro….

Kalau yamaha…bisnis alat musik dulu baru kemudian motor, nah kalau honda motor dulu baru mobil…siapa yg ikut-ikutan ???
Kalau boleh dibilang yamaha ngikutin honda …hondapun ngikutin jejak toyota yg sudah duluan ngetop bikin mobil….namanya juga bisnis…jika ada satu yg ngetop pasti yg lain pada ikut-ikutan.
pertanyaan umum :
1.Mengapa yamaha tidak bikin mobil ???
2.Mengapa honda tidak bikin alat musik ???
3.Dan mengapa toyota tidak bikin motor ???
…nah loh….

Sebenarnya yamaha pernah kerja sama dengan Toyota mengenai
rancangan mobil pada 1967. Ditahun
itu, kolaborasi tersebut menghasilkan mobil sport klasik.dengan dua pintu, yaitu Toyota 2000GT .
Jika massbro pernah lihat film agen 007 waktu dibintangi aktor sean comnery pasti tahu…
ini penampakannya :

image

image

Pada awal 90-an, Yamaha juga pernah membangun sendiri sebuah supercar bermesin V12, yakni Yamaha
OX99-11. Namun, program supercar tersebut tidaklah mulus, karena pada saat itu Jepang mengalami krisis
keuangan. Tidak lantas menyerah, Yamaha terus merancang, membangun, dan menyediakan beberapa mesin mobil untuk beberapa pabrikan otomotif, mulai dari mesin empat silinder sampai mesin V8.
Dengan banyaknya pengalaman tersebut, seorang desainer asal Spanyol, Albert Rosello, tertarik dan
mencoba memberikan gambaran sebuah mobil ala Yamaha, dengan diberi nama  Yamaha R Car.
Meski baru konsep Yamaha R Car, menurut Rosello,sangat menggambarkan ‘ Supercar dengan jiwa Superbike ’.
Yamaha R Car memiliki desain bergaya
Lamborghini, dan mampu memuntahkan tenaga hingga
900 Hp, dengan berat kurang dari 1.000 kilogram.

image

keren kan…yamaha gitu loh….

Dan sebenarnya pun yamaha juga sudah membuat mobil, tp bukan berkonsep massal seperti honda dan toyota….tapi hanya mobil golf.

image

Nah ..sudah jelas kan ???….
Jadi jika para fans boy honda yg suka menyebut bahwa yamaha gak bisa bikin mobil…maka boleh dibalikin tuh pertanyaannya…honda juga gak bisa bikin alat musik…hehehe…impas kan….

bonus artikel : caleg luar negri kesasar

image

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

MOTOR KAMU PINGIN KENCANG – siapkan 3 point penting ini…

Assallamu’allaikum mass n’ miss semua-mua.

image

Setelah kemarin bikin artikel yang berat-berat …sekarang masshar coba bikin artikel yg ringan-ringan aja.
Dari judulnya sih kelihatan agak berat nih artikel…pasti berhubungan dengan oprek daleman mesin …tapi ternyata gak gitu mass bro…sengaja judulnya dibuat heboh…ngikut gaya koran  ibukota LAMPU MERAH…bacaannya sopir angkot.
Okay massbro…langsung saja saya bahas deh….
Punya motor kencang tentunya akan sangat membanggakan ..walaupun sang pemilik tidak pernah menggunakan top speed secara maksimal.
Biasanya pemilik hanya pake pedoman kisaran atau paling sering “ kata youtube “..simpel kan..gak perlu resiko ngetes topspeed yg tentunya membahayakan keselamatan diri….coba bayangin seandainya punya ducati panigale….mau ngetes topspeed dimana coba…wong gak ada sirkuit…mau ke sirkuit jauh…bayar lagi…rempong dah…
Yowiss…langsung deh…apa saja sih yang bisa bikin motor kamu tambah kencang alias top speed nambah…apa aja yg mesti kamu pake…berikut piranti nya.. versi masshar alias m2000 production.…widihhhh…apa aja ya…

1.Helm.

image

Piranti yang satu ini sangat membantu massbro untuk menambah kecepatan mengendarai motor…masih belum paham….
begini…jika masa bro bawa motor tanpa helm…rata-rata lari berapa sih…paling banter 60-70 kpj…ya kan…lebih dari itu mata massbro akan berair..dan pedih dimata….nah..dengan memakai helm ..maka massbro bisa memacu motor lebih kencang lagi..bisa diatas 100 kpj…tanpa dihantui rasa pedih dimata…lumayan nambah top speed kisaran 30 kpj.

2.baju balap.

image

piranti yang kedua adalah baju balap…kalau gak punya bisa minjem temen yg punya dan rasakan bedanya.
Jika massbro pake baju ini…diprediksi massbro akan tambah percaya diri…tampil lebih keren dan tambah ganteng apalagi kalau pake helm full face…kaca gelap….widihh…ganteng abis massbro….
Setelah kepercayaan tinggi tumbuh tentunya massbro sudah mantab mengendarai motor…masshar yakin seyakin-yakinnya….massbro gak akan bisa pelan bawa tuh motor…
jika biasa pake celana kantoran ..kl bawa motor agak kencang…biasa bunyi beg…beg…beg…ky bendera di kerek mentok…nah..dgn pake baju balap maka angin akan kepleset …gak akan bunyi lagi…beg…beg…beg….( eh ngomong-ngomong baju balap pake celana gak sih…hehee…).
Dengan pake baju balap serasa masih jalan pelan…padahal lirik spidol speedo udah diatas 100kpj….
horee…top speed nambah lagi…yg tadi cuman nambah 30 kpj…sekarang naik jadi 40 kpj….hemmmm….awal yg bagus…

3.livery motoGP pada motor kesayangan.

image

Nah…ini point terakhir yang kudu diaplikasikan ke motor kamu…livery motogp…
Yupz…kenapa harus massbro…jawabnya adalah harus dan wajib.
Misal massbro punya motor standar pabrikan…tentunya massbro ingin merombak bak motogp kan..biar lebih matching…walaupun motor bebek ataupun motor matic sekalipun akan lebih WAOOU…saking wow nya…
Nah…disinyalir dengan modal cutting stiker yang berbiaya murah…massbro smakin tambah pede seperti sigit PD..yang juara indoprix itu.
Apalagi kalo motor kamu type sport..widihhh…dengan modal stiker monster energy atau tulisan repsol seharga 5-50rb perak beli di pinggir jalan….bisa dipastikan kamu akan bergaya seperti marc marquez atau bahkan valentino rossi saat disirkuit….padahal kamu sedang di jalan yg sering ada razia pak pulisi.
bayangkan jika kamu harus beli knalpot termignoni atau helm agv …hanya untuk bergaya rossi….berapa modalnya tuh..???….banyaakkkk….
nah…jika udah pake helm …baju balap dan livery motogp…gimana gak pede tuh…disinyalir kamu akan lebih ngacir…apalagi kalau pas bawa motor sport disalip ama matic yg pake ban cacing….widihh…langsung panas tuh otak…..masa rossi disalip ama anak alay…
Nah berawal dari sini kamu pasti akan memacu lebih cepat dari biasanya…dan disinyalir motor sport kamu berada diatas kecepatan 110 kpj lebih…busyet dah …dengan bermodal 5-50rb perak buat beli stiker… top speed motor kamu akan terdongkrak sekitar 60-70 kpj
..ajib gile..
coba baca yg ini deh…
https://masshar2000.wordpress.com/2013/07/22/perilaku-ngebut-dipicu-oleh-iklan/
Jadi gimana massbro…tips diatas cukup membantu kan….
Top speed jelas terdongkrak signifikan…tanpa harus menguras kantong yg semakin tipis aja…

image

yang merasa tertipu dengan judul diatas jangan marah ya….

image

harusnya kamu bilang WOW…WOW…Jebret …sambil guling-guling…
Yo wis yen isih nesu ..marah…tak kasih bonus bakso deh…

image

sekian…dan sampai jumpa lagi kawan-kawan…merdeka….

image

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷