TRADISI MUDIK DAN DAFTAR MUDIK GRATIS 2013

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

Mudik adalah kegiatan perantau/ pekerja migran untuk kembali ke kampung halamannya. Mudik sendiri
berasal dari bahasa jawa ” Mulih Disik ” yang artinya pulang dulu.Mudik di Indonesia identik dengan tradisi tahunan yang terjadi menjelang hari raya besar
keagamaan misalnya menjelang Lebaran. Pada saat itulah ada kesempatan untuk berkumpul dengan sanak saudara yang tersebar di perantauan, selain tentunya juga sowan dengan orang tua. Tradisi mudik hanya ada di Indonesia.
Sebenarnya di negara berumpun melayu melakukan tradisi ini ,tapi mungkin namanya aja yg beda, di cina juga ada tradisi mudik saat gong xi fat cai, atau tahun baru cina dan menjadi tradisi pulang kampung terbesar di dunia, konon berjumlah 1 milyar lebih keturunan chinesse dari berbagai penjuru dunia kembali ke negara china ..kalau di india juga ada, cuman namanya apa dan pas hari besar apa, saya lupa.
Dan india ini paling extreme massbro, kl di indonesia biasanya pada bergelantungan di kereta api, di india bergelantungannya di kapal…tahu sendiri kan, india biarpun negara daratan , tapi sungainya besar-besar dan panjang, mungkin kalau di indonesia seperti borneo atau pulo kalimantan.

image

Tapi anggap saja mudik ini adanya hanya di indonesia, lha wong asalnya dari basa jawa ” mulih disik “., emang di india ama china ada tembung mulih disik…ndagel.
Oya massbro konon tradisi mudik ini dipopulerkan pertama kali oleh sunan bonang…( belum ada bukti otentik ).
Oke massbro , yg kebetulan besuk pada mau mudik, hati-hati di jalan ya..dan berikut daftar instansi dan partai yg menyelenggarakan mudik gratis :

1.PT.JITC
Warga Jakarta Utara yang ingin mudik ke
tujuan Surabaya dan Malang tahun ini, bisa
menggunakan bus gratis yang disediakan pengelola terminal peti kemas, PT Jakarta International Container Terminal (JICT).
“Untuk melengkapi momen berbagi tahun ini, JICT menyediakan 28 unit bis tujuan Surabaya dan Malang untuk masyarakat yang ingin merayakan lebaran di
kampung halaman,” kata Presiden Direktur JICT, Albert Pang dalam keterangan tertulisnya.
Selain menyediakan, bus gratis, JICT juga menyalurkan santunan ramadan bagi anak yatim dan dhuafa di wilayah Koja Jakarta Utara.
Selain itu bantuan Al- Quran, sajadah, baju koko dan sarung juga diberikan kepada masjid dan pengurusnya di wilayah pelabuhan Tanjung Priok. “Kami menaruh perhatian yang besar kepada anak-anak yatim ini karena mereka merupakan aset masa depan bangsa. Dukungan mereka dan masyarakat menjadi motivasi bagi kami dalam menjalankan bisnis,” ujar Albert.

2. PARTAI HANURA
Bagi masyarakat yang tidak mempunyai
biaya cukup tapi tetap berkeinginan untuk mudik ke kampung halaman tidak perlu khawatir. Pasalnya, Partai Hanura menggelar acara mudik gratis ke berbagai daerah.
“Kita menyelengarakan mudik gratis untuk jurusan Surabaya, Semarang, Solo ,Yogyakarta, Cirebon, dan Tasikmalaya,” ujar Kepala Bidang Bapilu Partai Hanura,
Wijaya Kusuma.
Persyaratan yang diajukan tidak rumit. Bagi masyarakat yang berminat ikut mudik gratis bareng Hanura cukup dengan cara menyerahkan salinan Kartu Tanda Penduduk yang nantinya ditukar
dengan tiket di kantor DPW Perindo DKI Jakarta, Jalan Kota Bumi No 15, Jakarta Pusat.
Pendaftaran mulai dibuka mulai tgl 1 agustus 2013.
HANURA menyediakan tiga bus ke daerah Surabaya melewati Yogyakarta, empat bus disediakan ke daerah Cirebon,
dan tiga ke daerah Tasikmalaya,jadi total ada 10 bus siap dioperasikan.
Adapun pemberangkatan para pemudik ke daerah tujuan akan dilakukan pada Minggu 4 Agustus 2013 sekitar pukul 10.00 WIB di Lapangan Banteng, Jakarta Pusat.

3. PARTAI AMANAT NASIONAL
Partai Amanat Nasional (PAN) menggelar
mudik gratis menjelang Idul Fitri 1434 H tahun ini.
Mudik gratis yang rencananya dimulai pada 3 Agustus 2013 itu rencananya bakal dilepas oleh Ketua Umum
PAN Hatta Rajasa.
“Di tahun 2011 mengangkut lebih 5.000 pemudik, 2012 sebanyak 10.250 pemudik, dan pada tahun ini direncanakan lebih dari 13.559 pemudik,” ujar Wakil
Sekretaris Jenderal (Wasekjen) PAN, Laurens Bahang Dama.
Dia membantah jika program mudik gratis ini sebagai bentuk pencitraan, melainkan aksi nyata sebagai bentuk kepedulian kepada rakyat. Adapun pemudik gratis ini
berasal dari Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang dan Bekasi (Jabodetabek).
“Tujuan terbanyak pemudik yakni Jawa Tengah 8.296 pemudik, Jawa Timur 3.245 pemudik, DIY sebanyak 895 pemudik, Jawa Barat 335 pemudik, Lampung 124 pemudik dan Sumatera Selatan tujuan Lahat dan Palembang 295 pemudik. Total bus yang
dikerahkan sebanyak 255 armada, dan semuanya bus eksekutif.

4.Kementrian Perhubungan
Sebanyak 6.000 unit sepeda motor akan
diberangkatkan dalam program Operasi Mudik Gratis Sepeda Motor 2013 yang diselenggarakan oleh Kementerian Perhubungan.
Dalam rilis yang diterima, disebutkan ada 13 titik kota tujuan Mudik Gratis Pengguna Sepeda Motor di antaranya Lampung, Yogya, Kebumen, Wonosobo, Wonogiri, Cirebon, Tegal, Magelang, Tasikmalaya,
Cilacap, Solo, Purwokerto dan Semarang
(menggunakan Kapal Ro-Ro ASDP).
Pendaftaran untuk program ini sudah dibuka sejak 16 Juli sampai 1 Agustus 2013 di Kementrian Perhubungan, dan Kantor Dinas Perhubungan Kota Bekasi, Tangerang Selatan, Tangerang dan Depok.
“Syaratnya adalah memiliki sepeda motor, maksimal pengendara 2 orang dewasa dan satu orang balita, fotokopi KTP, SIM dan STNK, serta pada saat penyerahan, sepeda motor dalam keadaan tangki kosong dan dalam keadaan standar,” kata Direktur
Keselamatan transportasi Darat Kemenhub, Hotma.
Hotma menuturkan program ini merupakan salah satu antisipasi untuk mengurangi angka kecelakaan pemudik yang menggunakan sepeda motor.
Kata Hotma, akan ada 35 unit truk yang akan mengangkut motor dan 80 unit bus yang siap membawa masyarakat pulang ke daerahnya. “Jadi
pemberangkatan pemilik motor dan motor berbeda.
Motornya akan diberangkatkan terlebih dahulu, baru kemudian pemilik motornya yang akan diangkut.
Untuk pemberangkatan gelombang I, , yakni
tujuan Lampung, Yogyakarta, Kebumen, Wonosobo, Solo, Purwokerto, motornya akan diberangkatkan pada tanggal 2 Agustus 2013 dan penumpangnya akan
diberangkatkan pada 3 Agustus 2013.
Sementara untuk pemberangkatan gelombang II yakni tujuan Cirebon, Tegal, Magelang, Tasikmalaya, dan Cilacap, Motor akan dikirim pada tanggal 4 Agustus 2013..dan penumpang akan diberangkatkan 5 agustus 2013.
Disamping itu jg masih banyak  lagi yg menyelenggarakan mudik gratis missalnya honda dan yamaha, tentunya wajib pake STNK nya.

Ocre bro…mudah-mudahan selamat sampai kampung halaman dan menjadi mudik yg menyenangkan.
Kalau masshar sendiri udah gak mudik lagi, lha wong sekarang udah di kampung halaman, bosen mudik lagi dah nyaman hidup didesa…sembilan tahun di ibukota dah cukup , capek massbro…tapi menyenangkan sih…hehehe

Powered by : http://facebook.com/masshar2000

Iklan

TRUE LOVE – Semua karena cinta..( season 2 )

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

Seperti yg sudah saya janjikan sebelumnya, kali ini saya akan melanjutkan goresan pena saya ( padahal ngetik pake keybord ).
Di edisi sebelumnya, saya menuturkan tentang pengorbanan dan keiklasan, kali ini saya akan memaparkan tentang definisi cinta itu sendiri dan sedikit cerita.
Oke, kita awali dulu dgn definisi cinta.
Mass n’ miss, siapa sih orangnya didunia ini yg gak punya cinta.
Cinta adalah salah satu anugrah terbesar yg diberikan sang khalig kepada makluknya.
Rasa cinta dimiliki oleh siapa saja yg memiliki akal dan pikiran , berarti kitalah satu-satunya makluk yg berwujud nyata yg memiliki rasa cinta.
Kenapa makluk lain yg nyata tidak memiliki akal dan pikiran.,binatang contohnya , dia tidak memiliki rasa cinta , karena tidak memiliki akal dan pikiran, karena sang pencipta hanya memberikannya insting atau naluri ..beda dengan akal, pikiran dan perasaan seperti yang kita miliki.
Terus ,bagaimana dgn jin , yang karakternya hampir sama dengan manusia ?
Seperti yang saya tuturkan tadi ,jin bukan termasuk makluk nyata ,jin adalah makluk halus alias ghaib..tentunya memiliki rasa cinta seperti kita, tapi tidak akan saya ulas disini.
Kalau malaikat?
Malaikat adalah salah satu makluk ghaib yang paling mulia yg pernah diciptakan.
Dia tidak beranak pinak seperti kita manusia.
Dan Allah menjadikannya dengan satu tugas khusus yg akan terus menerus
dilakukannya sampai dicabut nyawanya kelak..( kalau ada kesempatan ,insya Allah akan saya tulis tentang biografi malaikat ).
Rasa cinta adalah bentuk rasa sayang yg dimiliki manusia kepada makluk lain, bisa kepada sesama manusia maupun kepada sang pencipta.
Oke, yang akan saya ulas disini adalah yg kepada sesama manusia ( mudah-mudahan mass n’ miss semua sudah menyimak artikel saya sebelumnya ).
Mass-miss, jika cinta sudah bicara, apa saja akan kita lakukan , istilahnya demi cinta.
Ada sebuah anggapan ” atas nama cinta, jangan bawa nama Tuhan “.
Well, well,well, saya harus bilang WOW gitu..sambil guling-guling…idihh, gak lah yauw..
Pernahkah anda berpikir, bagaimana Tuhan mencabut nikmat cinta yg sudah diberikan.
Bagaimana jika manusia tidak memiliki rasa cinta lagi, yg ada pastilah kejahatan merajarela, huru hara dan pastilah akan tidak nyaman lagi lingkungan sekitar kita.
Dunia akan hambar tanpa cinta mass bro.
Ingat ,jika orang sudah memiliki rasa cinta, segala sesuatu pun akan dilakukan , istilah kerennya demi cinta.
Masshar ada contoh nyata, begini ceritanya :
Ada seorang teman akrab  yg curhat / sharing ,dia mengisahkan bahwa orang tuanya tidak atau belum mau sholat, padahal dianya ustadz, mungkin bahasa gampangnya ,dia malu ,masa anaknya aja ustadz ,orang tuanya tidak mau sholat..padahal katanya dia sudah nggak kurang2 ngasih nasehat….sampai-sampai dia bilang kalau orang tuanya mungkin termasuk golongan orang-orang yg tdk diberi hidayah..wadew….( ustadz jg manusia bro ), yg punya khilaf juga.
Karena saya tahu betul karakternya( temen ngaji dari kecil sampai abg ), maka saya pun ngasih solusi, tentunya tdk memakai dalil-dalil al Qur’an, lha wong dianya lebih fasih soal ini, ustadz je bro…
Langsung saja masshar ngasih solusinya gini..
Selain karena hidayah , orang bisa berubah karena cinta, dalam hal ini pastilah menuruti orang yg dicintainya ( anaknya ).
Makanya jalan terbaik adalah jadilah anak yg dicintai orang tuanya..apa dlm dirimu yg bisa membuat orang tuamu bangga terhadapmu , lakukanlah , buatlah orang tua bangga dgn itu. ,jika kamu sudah bisa membuatnya bangga padamu, insya Allah dia akan lebih mencintaimu dibanding sekarang..pelan namun pasti dia nanti akan lebih mendengarkanmu..dan itu perlu dicoba….
Hay, hay,  saya bisa bilang gini bukan karena sok pinter, tapi karena sebelumnya saya dapat curhatan dari salah seorang saudara ( masih ada garis keturunan ).
Ceritanya gini :
Dia bilang sendiri kalau, dia itu males – malesan untuk sholat ( tergantung mood aja ), suatu hari pas dia ngajak ( momong ) keponakan yg masih bayi ( yg sangat dia sayang dan cintai tentunya)..
Dia bilang gini,  seandainya keponakanku besar dan sudah bisa ngomong, seandainya dia bilang ” pakde kog gak  sholat ” , alangkah malunya saya , .apa bisa dan patut menjadi contoh buat ponakan saya kelak ( kebetulan saudara saya belum punya anak )…akhirnya sejak itu dia mau sholat..
Mass n’ miss,..selain karena hidayah, tentu byk cara yg Allah ingin tunjukkan caranya sebelum memberinya hidayah ,dlm kisah ini tentunya lewat orang yg dicintainya….
Semua karena cinta…true love

Nah ,massbro, jika massbro ingin merubah seseorang yg belum baik menjadi baik atau lebih baik, salah satu cara atau tips ini bisa dicoba massbro..

Jadilah orang yang dicintainya, insya Allah itu akan lebih mempermudah jalanmu.

http://youtube.com/results?gl=ID&client=mv-google&hl=en&q=dewa+cintailah+cinta&submit=Search

Yg perlu digaris bawahi dari artikel ini adalah bahwa artikel ini hanya bersifat sharing aja, jika tidak cocok atau sesuai dgn pendapat mass miss semua ya harap maklum, saya yakin mass bro semua punya cara yg lebih baik.
Sebagai catatan terakhir dari artikel ini :

” Jika kita mengajak orang lain untuk menjadi baik, secara tidak langsung kita juga mengajak diri kita sendiri untuk menjadi baik “.

Salam ukhuwah…

……………………keep istiqomah………………..

Powered by : http://facebook.com/masshar2000

Nitip gambar ya..

image

Cinta itu anugrah…milik siapa saja yg percaya dan mengharapkan keagungan kasih Nya

TRUE LOVE – Semua karena cinta…( season 1 )

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

Pernahkah anda berkorban, menjemput pacar anda pulang kerja malam berhujan-hujan, menyekolahkan anak di sekolah favorite yg berbiaya mahal, begadang menunggu istri yg mau melahirkan walaupun paginya kerja dan kadang harus lembur, atau menunggu suami yg sakit dirumah sakit, walaupun anda jg harus bolak-balik ke rumah karena mengurus sikecil yg masih menyusui.
Dan entah apalagi yg membuat anda berkorban begitu dalam kepada seseorang..atau anda yang terbiasa bangun malam, disaat yg lain baru pulas-pulasnya tidur untuk melakukan sholat tahajud.
Apakah anda menganggapnya itu sebagai pengorbanan…hemmm…tentu tidak bukan ?
Anda pastilah melakukannya dgn iklas dan tidak ada unsur paksaan.. dan anda akan menganggapnya sebagai suatu kwajiban .

Berapa kali anda menyebut nama Allah dalam sehari, sepuluh kali, seratus bahkan ribuan kali kita menyebut nama Allah dalam sehari…waktu mau makan, waktu bersin ,saat berdoa, saat senang , sedih dan ditimpa musibah ,kita seringkali mengucap asma Allah ,alhamdulillah, subhanallah, innalillahi, dan masih banyak lagi…bukankah orang yg lagi kasmaran akan menyebut nama orang yg dikasihinya berulang-ulang?
Begitu juga kita, pastilah akan menyebut asma Allah berulang-ulang, dan lebih sering kita menyebutNya, kita akan merasa lebih dekat dengannya…
Tahukah mass miss semua, tanpa kita sadari kita telah melakukan hal besar yang mungin bagi sebagian orang menganggapnya sepele..kita telah melakukan hal-hal yang kadang diluar kemampuan dan kekuatan fisik kita, dan kita melakukannya dengan senang hati, tanpa ada unsur paksaan dan tidak menganggap itu sebagai pengorbanan.
Kenapa kita melakukan semua itu…?…
Yup….semua karena cinta…
Atas dasar itulah kita semua melakukannya dgn tulus dan penuh keiklasan.
Setelah kita tahu berharganya sebuah cinta , mari jadikan diri kita menjadi seseorang yg ” dicintai “.
Jadilah anak yg dicintai orang tua, suami (istri) yg dicintai pasangannya..dan sebagai makluk yg dicintai khaliq nya. 

Semua karena cinta mass bro, dan biarkan cinta bicara

Powered by : http://facebook.com/masshar2000

Note : tunggu kelanjutannya di semua karena cinta season 2 ( ky sinetron aja )

WANITA HAIDH DI BULAN PUASA – Bagaimana hukumnya ?

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

Telah kita ketahui bersama bahwa
shaum/puasa di bulan ramadhan hukumnya diwajibkan, bagi setiap muslim demikian juga bagi muslimah adalah
wajib hukumnya yang sudah baligh dan berakal sehat.
Khusus bagi muslimah ada beberapa ketentuan yang diperbolehkan berbuka (tidak shaum) disiang hari pada bulan ramadhan, salah satunya yaitu ketika kedatangan tamu yang tidak diundang yaitu haidh.
Muslimah yang sedang kedatangan haid atau nifas di bulan ramadhan dilarang melaksanakan shaum, dan diwajibkan
mengqhdanya pada hari-hari lain.
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : “Dari Abu Sa’id Al Khudriy Radhiyallahu Anhu “Bahwasanya Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : “Bukankah Wanita itu jika sedang haidh dia
tidak shalat dan tidak shaum/berpuasa? Itulah kekurangan agamanya.” (HR. Bukhari).
jadi kesimpulannya : bahwa wanita yg haidh dan berhalangan puasa di bulan ramadhan hendaklah tetap mengqadha/mengganti setelahnya sebelum datang ramadhan berikutnya ( itu lebih baik ) dan tidak boleh
menggantinya dgn membayar fidyah..karena fidyah dikhususkan untuk wanita yg melahirkan…sakit yg tak kunjung sembuh,usia lanjut dsb .
Walaupun tidak diperbolehkan shaum dan shalat, namun demikian tentunya sebagai muslimah tidak akan kehilangan momentum keutamaan dan keberkahan di
bulan ramadhan yang segala amalan dilipatgandakan pahalanya,yaitu melakukan amalan-amalan yang dicintai oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala. Banyak ibadah sunnah lainnya yang dianjurkan yang dapat dilakukan diantaranya yaitu :

1. Meyediakan dan memberi ifthar (hidangan berbuka),kepada orang-orang yang shaum baik bagi anggota keluarga maupun saudara-saudara umat Islam.
Ifthar adalah amalan yang dianjurkan oleh Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam, karena mengandung pahala yang besar dan kebaikan yang berlimpah.
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : ” Barang siapa yang memberi ifthar (hidangan untuk berbuka) orang-orang yang shaum/berpuasa maka
baginya pahala seperti orang yang shaum/berpuasa tanpa dikurangi sedikitpun”. (H.R. Bukhari Muslim).
Walau muslimah ketika haid tidak diperbolehkan shalat ,namun demikian ketika adzan usai dikumandakan sangat dianjurkan untuk berdoa dan berdzikir .
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : “Dari Jabir Bin Abdullah Radhiyallahu Anhu Bahwa” Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda
“Barangsiapa mendengar panggilan adzan lalu ia Berdoa ‘Ya Allah Ya Rabb.. Pemilik seruan yang sempurna ini, dan shalat yang akan didirikan, karuniakanlah kepada
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam. Wasilah dan keutamaan dan tempatkanlah ia di tempat yang terpuji yang telah Engkau janjikan’ Akan Mendapatkan Syafaatku
kelak pada hari kiamat (HR. Bukhari).

2.  Mengingatkan anggota keluarga dalam kebaikan, terutama saudara laki-laki agar senantiasa shalat berjamaah dimesjid.

3. Menyibukkan diri menuntut Ilmu yang Manfaat.
Salah satu kreteria wanita sholehah adalah” selalu bersemangat dalam menuntut ilmu,semangat dalam mengamalkan ilmu nya,dan semangat dalam mengajak
orang lain agar mengamalkan ilmunya,dengan demikian di bulan ramadhan ini walau terhalang dengan tidak shaum
seyogiyanya menyibukkan diri meluangkan waktu untuk bersemangat menuntut ilmu yang manfaat dunia dan akhirat.
Rasulullah Shallallahu Alaihi wa Sallam Bersabda : “Barangsiapa menempuh suatu jalan untuk menuntut Ilmu,Niscaya Allah Subhanahu wa Ta’ala menunjukkan
jalan menuju Surga Baginya”. (H.R. Muslim)
“Barangsiapa wafat dalam menuntut Ilmu (dengan maksud) untuk mengidupkan Islam, Maka antara dia dan Nabi-Nabi satu derajat di dalam Surga.”(H.R. At Thabrani).

Mudah-mudahan bermanfaat buat kita semua, khususnya para Muslimah alias miss bro semua.
Yang massbro nya ,ngasih tahu buat miss bro yg belum tahu…ocre bro.

Nambah dikit ya…nah ini kan kebetulan bulan puasa, dibeberapa instansi atau perusahaan biasanya yg wanita dianjurkan untuk memakai kerudung…nah..kebetulan sekali , buat para wanita alias miss bro semua yg belum memakai jilbab, ini adalah kesempatan untuk memulai…mudah-mudahan sih berkelanjutan…
Tenang aja miss…kamu tetep cantik kog kalau make jilbab ( anggun malah )…kalo gak percaya , tanya aja sama mass bro semua…
iya kan mass bro ???….iyaaaa…( tuh, kan kompak )

image

Keep istiqomah ya ….

Powered by : http://facebook.com/masshar2000
Email : masshar2000@gmail.com

ISLAM KTP – No Way

Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

Pernah nggak, kita membayang kan saat ibu atau ayah kita memanggil, tapi kita masih aja nggak bergeming atau malah pura-pura
nggak denger? Mungkin, selanjutnya bakal ada teriakan marah, yang pastinya mampir di telinga kita.
Nah, itu aja baru urusan dengan sesama manusia, trus pernah nggak kepikiran, gimana cerita kalau Allah Sang maha Pemberi hidup, “memanggil” kita buat sholat, tapi kita masih aja ogah-ogahan dan males?
Yups, tapi begitulah kenyataan yang ada sekarang ini.
Kebanyakan dari kita meremehkan shalat bahkan melihatnya sebagai beban yang berat banget.
Saking malesnya, 1001 alasan pribadi dibawa cuma buat lmenunda-nunda shalat atau bahkan meng-cancel-nya lNa’udzubillah …
Parahnya, ada juga yang mendirikan sholat aja nggak, eh malah terang-terangan menyindir, melecehkan dan menghina orang-orang yang mengerjakannya, tapi kalau ditanya, dia tetap saja mengaku-aku sebagai seorang muslim.
Mereka itu juga nggak habis-habisnya mengkritisi perintah Allah tentang tiang agama ini. Ibarat kata saat mereka
diajak kembali kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala,mereka malah balik berkata,“Kami mendengar tapi kami menentang!”
Padahal kalau saja mereka sadar, mereka cuma membiarkan diri mereka sendiri untuk didikte sama hawa nafsu, setan dan syahwatnya. Hawa nafsunya itu juga
yang menegakkan argumen di hatinya, supaya dia merasa tenang, tapi padahal sebenarnya dia telah terhinakan.
Kalau saja mereka mau jujur akan kebenaran, pun hatinya bakal berkata yang sama, kalau yang namanya Sholat, itu adalah ibadah yang sangat amat penting
sekali. Sholat jugalah yang bakal pertama kali Allah pertanyakan ke kita nanti kalo di akhirat.
Shalat juga merupakan salah satu rukun Islam yang jadi pembatas atau pembeda
seseorang itu mukmin atau kafir.
Nabi SAW bersabda: “Perjanjian yang mengikat antara kami dan mereka adalah mendirikan shalat. Siapa yang
meninggalkannya, maka sungguh dia telah kafir” (H.R Muslim).
Selain itu Saking pentingnya,ibadah shalat dalam Islam nggak bakal bisa diganti atau diwakilkan. Laki atau perempuan yang muslim dalam kondisi apapun, sehat atau
sakit, aman atau takut, lagi bermukim atau ber musafir tetep kudu sholat.
Kalau nggak bisa berdiri boleh duduk, kalau
tidak bisa duduk boleh berbaring, dan seterusnya..kalau tdk ada air untuk berwudhlu bisa tayamum..Tapi
judulnya kudu tetep sholat.
Ingat islam tidak hendak menyusahkanmu.

Terus apa sih manfaat sholat?

Allah Subhanahu wataala berfirman,
“Sesungguhnya Aku ini adalah Allah, tidak ada Tuhan (yang hak) selain Aku, maka sembahlah Aku dan tegakkanlah shalat untuk mengingat-Ku.”(Qs. Thaha: 14).
“(Yaitu) Orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah, ingatlah, hanya dengan mengingat Allah-lah, hati menjadi tenang.” (Qs.Ar-Ra’du: 28)
Mass n’ miss, orang hidup pastilah butuh yang namanya ketenangan. Dan dua ayat di atas memberitahukan ke kita kalau soal ketenangan jiwa adalah janji Allah yang sudah pasti bakal diberikan kepada orang yang shalat.
Hati kita bisa merasa tenang banget kalau selalu mengingat dan dzikir kepada Allah. Nah, sarana berdzikir yang paling efektif itu adalah shalat. Tapi tentu saja bukan sembarang shalat loh. kan perintah Allah tadi adalah menegakkan sholat dan nggak hanya sekedar melaksanakannya sebagai ritual.Dan dua hal itu, tentu saja beda.
Kalau kita mendirikan shalat, otomatis ada niat buat perjuangan, keseriusan, kedisiplinan, dan konsentrasi level
tinggi. Beda kalau kasusnya cuma sekedar melaksanakan.

image

Kadang kita masih santai, dan nggak perlu serius-serius amat. Yang penting kan udah terlaksana..bukan itu maksudnya mass bro.
Sholat juga adalah nikmat yang sangat besar dari Allah SWT. Allah juga menjanjikan tingkatan surga tertinggi
yaitu surga FIRDAUS bagi hamba-hamba-Nya yang beriman dan mendirikan sholat dengan benar.
Tapi nggak tahu kenapa ya, dengan imbalan sebesar itu, sebagian besar dari kita masih aja berat plus bandel untuk mendirikan sholat.
Umar bin Khaththab sering mengingatkan para petinggi bawahannya, dan rakyatnya betapa pentingnya arti sholat bagi mereka. Bahkan beliau berkata, “Barang siapa
menjaga sholatnya, sungguh dia telah menjaga agamanya.
Barang siapa yang menyia-nyiakan sholatnya,maka terhadap urusan yang lain selain sholat, ia akan lebih menyia-nyiakan lagi”.
Ini baru gambaran kecil kalau para kekasih Allah SWT selalu menganggap sholat itu pokok banget di mata mereka.
Maka, belajar dari keteladanan mereka, malu banget dong kalau kita bilang ” ngaku muslim, tapi nggak sholat”…islam KTP….tapi barangkali masih ada saja yg ngeles ” masih mending KTP nya islam…lha elo.? “.
Lagi pula,… bukankah Allah memberikan jatah waktu 24 jam ke kita selama 1 hari. Dan itu nggak sebentar kan,
so kenapa kita nggak mau memberikan walau cuma 5 x 5 menit saja buat “laporan” dan mengingat Allah sebagai bentuk rasa trimakasih dan sembah sujud kita kepadaNya?….buat siapa sih kita sholat, buat Allah?…
Hemmm..tidak mass bro, Allah tidak butuh didoa’in…sholat itu untuk diri kita sendiri.
Atau jangan-jangan kita memang termasuk orang-orang yang nggak pandai bersyukur dan berterimakasih?
jawabnya, kembali kepada diri kita masing-masing ….
Insya Allah massbro, jika kita sudah terbiasa sholat, maka akan terasa ringan dan dan tahukah anda ,bahwa pekerjaan yg paling mulia didunia ini adalah sholat tepat pada waktunya.
Beruntunglah kita sebagai umat Muhammad…bahwa ” semua tempat adalah masjid bagimu “..maka dirikanlah sholat dimanapun kamu berada…tidak ada kata tidak.
Ingat islam tidak hendak menyusahkanmu.
…. Segala puji bagi Allah, yang dengan nikmat-Nya sempurnalah semua kebaikan .
So……mulai sekarang jangan lupa 3 S ya…yaitu Sembah, Sujud, Syukur..

image

Jikalau memungkinkan sih ditambah satu lagi ” S ” nya jadinya 4S yaitu Sembah,Sujud,Syukur dan Sedekah.

Wallahu a’lam bishshawab, ..
… Semoga tulisan ini dapat membuka pintu hati kita yang telah lama terkunci …

Jika artikel ini dirasa bermanfaat ,silahkan di share ke temen-temen lain…..duhhh…indahnya berbagi….

Powered by : masshar2000.com