BERAPA LAMA USIA PEMAKAIAN BAN ???


Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

Kemarin kebetulan sudah 10 bulan ( 13.000 km tertera di panel spidometer) saya menggunakan ban tubeless FDR untuk vario WTF alias sijeruk di ban belakang.
Untuk ukuran 110/80 naik dua ukuran dari yg standart pabrik 90/90..nah apa yang terjadi massbro, ternyata ban nya sudah kaya ban moto GP ( kata temen-temen ) alias gundul alus…bahkan seratnya kelihatan…wih ngeri…

image

Dan  kebetulan karena libur..ya sudah saya gelandang si jeruk ke toko ban…eh..ngomong-ngomong toko ban di solo yang murah dimana ya…?

Kalau dulu biasanya langganan di daerah mangkunegaran solo..
Sekarang …berdasarkan informasi saudara yang kemarin juga barusan ganti ban, akhirnya langsung digelandangan si jeruk tanpa basa -basi , tanpa toleh kanan kiri ( toko ban maksudnya ) yang banyak bertebaran berjualan sepanjang jalan.
Tiba-tiba mesin si jeruk mati..eh ternyata emang saya matiin mesinnya, karena sudah sampai didepan tokonya.

image

eh maaf.. pas ngambil foto pake hape cina ini ada bis lewat…maklum di kota…metu sithik mall…hehehe..
kalau bisnya menggangu pemandangan ..yo wis bis nya biar lewat dulu..dan inilah hasil jepretan hp china android yang bisa BBM’an ini..

image

                 tuh kan bis nya ilang….

Yupz…tepat sekali massbro..planet ban..masa beli ban di planetarium .

Ternyata bener apa yang dikatakan saudara saya kalau disini juga sering ada promo …kaya di supermarket aja ya…tenan lho..nih penampakannya..

image

Sebenarnya ada lagi yang dipromo , kebetulan tadi yang dipromo merk corza semua…
Oya…disini ban nya dijejer rapi layaknya dagangan supermarket dan ada harga nya langsung ( harga pas lho )….jadi gak usah nanya lagi …megang-megang gratis ..kalau gak jadi gak apa-apa…ora sah pekewuh karo sing dodol.

Setelah pilih-pilih akhirnya pilihan hati jatuh ke FDR lagi…padahal kemarin udah dikasih info dari salah satu bloger kondang kang kobay yang pengasuh pondok pesantren blog otomotif http://kobayogas.wordpress.com supaya beli michelin aja, harga gak jauh beda katanya.
Dan ternyata benar ,harga ban michelin gak jauh beda sama FDR …tapi gimana lagi…kebetulan di solo emang rada susah nyari merk michelin…mungkin kurang diminati di kota ini.
Tadi sih ada , cuman ukurannya kegedean lagian batikannya model alurnya gak sreg.

Ya sudah lah FDR aja kaya semula…itung-itung solider sama temen-temen yang rata -rata juga pake FDR 。
Saya ambil yang ukuran 100/90 soalnya yang lama ukuran 110/90 terasa kegedean alias nggedibel.

Sambil nunggu… jeprat -jepret pake hape cina yang bisa BBM’an lagi…

image

ini alat untuk melepas dan memasang ban tubeless.

image

    ini karyawannya pas masang ban…

image

Ini alat untuk isi nitrogennya…namanya nitroman..kalau yang isi angin pakai pompa namanya pompaman.
ada garansinya…gratis isi angin( nitrogen) ..seumur ban dengan menunjukkan stiker atau struk pembelian di seluruh gerai planet ban  di dunia akhirat seluruh indonesia.

image

ini dia stikernya…mesti nempel di motor ya…

Oya pass lagi nunggu dipasang juga, saya iseng-iseng nanya ke massnya yang masang ban.
saya ( s ) : mass..suka baca berita motor di internet gak ?
massnya ( m ) : iya..suka
s : pernah denger ‘gak iwanbanaran ?
m : enggak mass..
s : terus biasanya suka baca apa ?
m : biasanya buka youtube..
s  : mak jlebbbb….

Hehehe…padahal saya tadinya mau nanya pernah denger gak https://masshar2000.wordpress.com
tapi berhubung nama iwanbanaran aja gak pernah denger..yo wislah gak jadi…nuwun sewu…lho kang iwan, blog sampeyan ternyata blm dikenal…padahal udah tak iklanke lho…wkkwwkkkk…

Oya lagi…tadi pas lagi nunggu juga saya ngomong ke mass nya ..mass tak poto yo…ben terkenal ..tak iklanke lho ben tokone rame…eh..massnya malah ketawa cengar-cengir sok sibuk.

image

Oke deh kakaq….berhubung sudah selesai masangnya,  langsung deh ke kasir dan membayar mahar sebesar Rp.215.000 perak padahal di web resminya fdr.. http://www.fdrtyre.com harganya Rp.241.000..untuk type yg sama.

image

oya.. ditambah uang rokok buat massnya…kan saya udah janji setelah kemarin ditipu orang ,saya mau perbanyak sedekah….hehehe….nih dia artikelnya :
https://masshar2000.wordpress.com/2013/10/30/penipuan-online-hati-hati-orang-yang-satu-ini/

lhoh kan judul artikelnya BERAPA LAMA USIA PEMAKAIAN BAN ???
mana pembahasannya ???
…Lhah kan saya nanya …kan ada tanda (?) tanya’nya tuh di judul.
Saya juga gak tahu massbro….mangkanya saya tanya ke massbro…berapa lama sih usia pemakaian ban ?…apakah berdasarkan tahun, jarak tempuh atau kalau sudah gundul alus dan kelihatan seratnya seperti ban motor saya ????
Monggo yang pernah gonta-ganti ban di share  pengalamannya…juga ban apa yg paling murah tapi bagus…

note :
PLANET BAN
Jln Yos Sudarso no.294 Gemblegan Surakarta.

FDR TL GENZI 100/80-14
Rp. 215.000 ( saat ini )

iklan ini gratis…mangkanya kalau saya beli sparepart motor dilayani dengan baik…biar dipasang iklan disini…hehehe..

ini SPG yang gak ada di planet ban..

image

Wassallamu’allaikum..
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan jika anda seorang blogger mohon sertakan ” link ” supaya kita bisa saling berbagi info.
motto : di udara kita saudara…di darat kita sahabat.

Powered by : m2000_production
÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷÷

PERHATIKAN TEKANAN BAN MOTOR ANDA


Assallamu’allaikum mass n’ miss sadayana.

image

Hi..brooo…yuk kita mulai kebiasaan baik kita, maksute memperhatikan hal-hal kecil dari tunggangan kita sehari-hari…si jaran wesi.
Siapapun kamu , baik yg sudah punya mobil, pasti dalam hati kecil tetap menganggap si jaran wesi ini sebagai temen setia, atau malah istri kedua..gimana enggak lha wong hujan aja mau kog di ajak jalan-jalan…
Nah mass bro,  jangan pernah menganggap sepele dalam urusan merawat tekanan ban motor massbro. Dampak terburuk yang bisa
disebabkan dari kelalaian ini bisa sangat mengancam keselamatan biker ketika berkendara. Padahal hanya butuh waktu beberapa menit saja untuk sekedar melakukan pengecekan rutin terhadap tekanan ban motor yang akan ditunggangi.
Berkendara pada saat kekurangan tekanan angin ban sangat tidak dianjurkan. Sebaiknya langsung cepat dibawa ke bengkel ban atau SPBU terdekat untuk segera ditambah tekanan anginnya, tambal ban jika memang harus. Karena berkendara pada saat kekurangan tekanan angin ban bisa membuat ban pecah terutama pada saat siang hari, karena faktor cuaca yang panas.
Selain itu tekanan angin yang kurang akan
menyebabkan ban akan habis tidak merata di bagian sisinya. Sementara tekanan angin yang melampaui batas normal juga tidak dianjurkan. Banyak yang beranggapan bahwa tekanan angin ban berlebihan akan
membuat motor enteng untuk melaju, tetapi berbahaya saat memasuki tikungan akibat dari ban yang tidak semua permukaan menyentuh aspal. Selain itu, ban akan cepat habis di bagian tengah.
Caranya gimana masshar ???

Dengan kondisi muatan banyak, malah tekanan angin di ban kudu keras.Tapi,
jangan asal keras, harus sesuai rekomendasi pabrikan ban.
Mencarinya gampang. Lihat saja tulisan yang ada di sidewall atau dinding ban! Misal, di ban tertulis Max Load 375 LBS AT 32 P.S.I. Cold. Itu artinya, ban tersebut mampu menahan berat maksimal sampai 375 Lbs atau sekitar 170 kg ( 1Lbs = + 450 gr ) pada tekanan angin 32 psi dengan kondisi ban dingin (tidak dipakai)…kalau bingung ya pakai cara manual saja dengan menekan-nekan ban sesuai kebutuhan.

Sekedar informasi saja, masshar masih inget dua tahun lalu, saat temen kantor kecelakaan gara-gara ban.
Ceritanya begini:
Waktu itu temen saya pulang kerja, sebelum pulang sebenarnya ban sudah kempes, mungkin bocor alus, nah karena merasa cukup hanya sekedar diisi angin, maka diisilah angin, dan merasa bahwa angin cukup untuk sekedar nyampai rumah yg berjarak sekitar 10 km, tapi yg namanya takdir tidak bisa ditolak massbro, kira-kira baru jalan 4 km, ternyata angin habis  , mungkin karena ngebut supaya cepat nyampai rumah, akhirnya motor oleng dan temen saya langsung terlempar dan menghantam aspal ( mungkin trotoar )..naas massbro, kejadian begitu cepat , darah mengucur begitu banyak, dan akhirnya nyawa melayang sebelum sempat mendapat pertolongan yg memadai…sedih, miris massbro…beliau meninggalkan sang istri yg baru mengandung .
Memang faktor dari manusia atau human error seringkali menyebabkan kecelakaan yg pasti tidak kita harapkan.

Lalu kapan saat yang paling disarankan untuk melakukan pemeriksaan tekanan angin ? Waktu yang paling tepat adalah di saat ban sudah menjadi dingin, baiknya periksa tekanan ban hal ini dilakukan di pagi
hari di saat kendaraan sudah berhenti tidak dipakai semalam ( pas mau berangkat kerja misalnya ).minimal kita tekan-tekan atau kita naikin motor terus di tekan-tekan tuh motor, gak susah kan ???

Untuk ban yang masih baru diwajibkan untuk mengecek tekanan angin ban secara rutin setiap hari, sebelum ban mencapai jarak tempuh 3000 km atau sekitar satu bulan , mana yg dicapai terlebih dahulu ( nyontek buku panduan  service berkala ).
Hal ini disebabkan karena ban yang masih baru cenderung memuai dan bertambah volumenya. Sehingga tekanan angin pada ban pastinya akan menurun. Untuk itulah
rajinlah melakukan pengecekkan tekanan angin ban baru.
Luangkan juga waktu untuk memeriksa
terhadap kebocoran udara dari pentil ( pentil ki basa indonesiane opo yo ?? ).
Jika hal ini terjadi maka gantilah piranti kecil yang berada di dalam pentil yang berguna untuk memasukkan udara saat di pompa dan menutup saluran bila angin di dalam ban mau keluar ( mbuh jenenge opo kuwi ). Jika rusak, maka akan terjadi kebocoran dalam pentil. Cara pemeriksaan kondisi adalah dengan memberikan air pada pentil, jika timbul busa pada air tersebut , berarti telah rusak. Dan hal terakhir yang sering pengemudi tidak perhatikan adalah tidak adanya tutup pentil. Jangan sampai ban sepeda motor tidak memiliki tutup pentil alias telanjang ( idihhh, bahasanya nyerempet- nyrempet nih masshar ).
Enggak lah mass bro, massbro aja yg piktor, hehehe…
O ya…ukuran ban juga diperhitungkan lho ya…inget..jangan sekali-kali menggunakan ban yg bukan ukurannya…ban cacing apalagi…
Untuk ban tubeless ,jika pingin di gedein, baiknya naik satu ukuran dari standart pabrikan.
Pertimbangkanlah untuk menggunakan Nitrogen ( ini lebih baik )..Selain nitrogen bersifat dingin, nitrogen terbukti lebih awet untuk penggunaan ban jangka panjang.
Lebih baik lagi, jika kantong massbro sedikit tebal , pakailah ban tubeles.Saat ini pengisian menggunakan Nitrogen sudah sangat umum dijumpai di berbagai tempat. Meskipun harganya cukup mahal ( di solo raya sekitar Rp.6000-7000 )namun itu sebanding dengan kualitas yang akan kita dapatkan yakni tekanan angin ban yang
berumur lebih panjang.

image

Ocre…massbro….setelah baca artikel ini, mudah-mudahan massbro jadi lebih tahu dan selalu mengedepankan unsur safety.

Safety be first massbro…

————————————-
Jika berkenan memberikan komentar, komentarlah dengan bijak, dan berikanlah masukan atau kritikan yang membangun.

Powered by : m2000_production